Tuesday, 23/1/2018 | 1:45 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Perisai Digital Bosch, Tameng Anti Kecelakaan

Perisai Bosch

Otolibs.com – Dengan banyaknya moda trasnportasi juga dengan semakin tingginya tingkat mobilitas penduduk khususnya di kota-kota besar, kecelakaan merupakan hal yang selalu menghantui. Selama beberapa tahun terakhir, pengendara sepeda motor menduduki peringkat teratas penyumbang kecelakaan di jalan raya. Prosentasenya bahkan lebih besar delapan belas kali lipat dibandingkan dengan pengemudi mobil.

Penyebab utama dari besarnya tingkat kecelakaan ini adalah seringnya pengendara motor lalai saat sedang melaju di tengah lalu lintas. Dan juga karena seringanya kendaraan roda dua ini terabaikan keberadaannya ketika sedang berada di persimpangan, apalagi ketika melawan raksasa jalanan semacam truk dan bus.

Melindungi Pengemudi, Bosch Ciptakan Perisai

Kolborasi Pabrikan Terkemuka

Dengan banyaknya bukti mengenai kecelakaan itulah akhirnya Bosch sebagai perusahaan teknologi Jerman yang sudah memiliki nama, memikirkan sebuah solusi cerdas beruba prototipe berteknologi tinggi yang memuat peringatan dini sebelum terjadi kecelakaan.Bosch bekerja sama denganDucati, Autotalks dan Cohda Wireless sedang membahas dengan serius masalah ini.

Tameng pelindung digital ini nantinya memampukan pengendara motor untuk terhubung dengan pengendara mobil dengan memastikan jarak pandang digitalnya. Jika perisai ini berhasil dibuat maka hampir sepertiga dari seluruh kecelakaan yang menghampiri para pengendara sepeda motor dapat dihindari.

Dalam jarak beberapa ratus meter teknologi ini akan memberikan informasi bahwa ada kendaraan lain yang akan melintas. Informasi ini akan sampai jauh sebelum dua kendaraan tersebut bertemu. Informasi ini disampaikan sebanyak sepuluh kali per detik. Hal-hal yang disampaikan terkait denganĀ  kecepatan kendaraan, posisi, jenis kendaraan dan arah perjalanan.

Alarm dan lampu pada dasboard mobil yang menerima sinyal dari perisai sepeda motor akan menyala jika sistem memprediksi situasi berbahaya. Setiap informasi dari pemberi sinyal kedapa yang menerima akan sampai dalam beberapa milidetik saja. Sehingga resiko tabrakan dapat dengan cepat dihindari.

Informasi yang dikirimkan ini bukan hanya menyangkut kendaraan yang sedang melaju saja, tetapi juga kendaraan terparkir. Dengan adanya sistem ini maka diharapkan ke depannya situasi di jalan raya dapat lebih nyaman untuk siapa saja yang akan berkendara.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *