Sunday, 23/9/2018 | 8:40 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Spare Part AC Mobil Rusak? Lakukan 4 Cara Mudah ini

aaaa

Keberadaan AC mobil memang sangatlah dibutuhkan bagi mereka pengguna mobil, lantaran keberadaannya yang dirasa memiliki banyak manfaat bagi pengendara maupun penumpang. Akan tetapi, keberadaan AC ini juga membutuhkan perawatan yang rutin untuk menghindari dari beberapa spare part yang menyebabkan rusak. Tidak sedikit pula orang yang sudah merawatnya rutin namun spare part AC mobil tetap mengalami kerusakan. Untuk itulah cara berikut dapat membantu Anda dalam memperbaiki spare part AC yang rusak.

4 Cara Mudah dalam Memperbaiki Spare Part AC Mobil

Kuras Oli yang Terdapat pada Kompresor

Pada dasarnya semua barang otomotif memang butuh perawatan rutin, tidak hanya mesin saja melainkan hal yang terdapat pada interior mobil juga harus diperhatikan. Seperti halnya AC Mobil, sebaiknya lalukan service rutin komponen AC Mobil Anda dengan cara mengganti oli kompresor.

Sama halnya dengan mesin yang rutin dilakukan perawatan berkala, oli yang terdapat dalam kompresor juga harus dibersihkan. Karena kompresor juga terdapat piston yang bergerak dengan demikian kompresor membutuhkan oli agar tidak terjadinya gesekan dari berbagai komponen lainnya dan menyebabkan kerusakan.

Pengecekan pada Putaran Extra Fan

Saat AC mobil dalam kondisi menyala, maka buka kap mesin lalu perhatikan putaran extra fannya. Apakah putaran extra fannya stabil atau tidak, jika extra fan tidak dapat berputar dengan stabil otomatis dingin yang dikeluarkan dari AC Mobil juga tidak distabil. Letak komponen ini berada di dekat kondensor.

Siram Air pada Kondensor yang Kotor

Saat kondensor bekerja tidak maksimal, maka bersihkan debu maupun kotoran-kotoran yang menempel pada kondensor. Hal inilah yang menyebabkan kinerja kondensor menurun sehingga suhu freon menjadi tinggi saat dikirim ke kompresor. Langkah mudah yang dapat Anda lakukan dengan menyemprotkan air dengan tekanan sedang.

Ganti Filter Dryer

Filter dryer berfungsi untuk menyaring kotoran yang terbawa freon didalam saluran sebelum terjadinya penurunan suhu yang memasuki evaporator. Jika memang terjadi kerusakan pada filter dryer maka harus dilakukan penggantian, agar spare part AC lainnya juga ikut terjaga dan meminimalisir dari kerusakan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *