Friday, 21/9/2018 | 3:45 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Antara Kawasaki-Bajaj yang Belum Cerai

2. Antara Kawasaki-Bajaj yang Belum Cerai

 

Otolibs.com – Selama beberapa tahun Kawasaki dan Bajaj menjalin kemitraan untuk memasarkan produk yang mereka keluarkan. Akhir-akhir ini banyak pihak yang menyangka bahwa kerjasama antara Kawasaki dan Bajaj telah selesai. Hal ini terjadi di India, dikarenakan tidak saling menguntungkan akhirnya keduanya sepakat untuk bercerai setelah menjalin kerjasama selama delapan tahun. Bajaj lalu beralih pada KTM di India.

Kerjasama Kawasaki dan Bajaj

Kawasaki-Bajaj di India dan Indonesia

Hal tersebut juga terjadi di Indonesia, Kawasaki pernah menjalin kerjasama dengan Bajaj untuk menerjunkan Pulsar 200NS. Motor yang dibanderol seharga Rp23 jutaan ini diluncurkan ke Indonesia pada Juni 2013. Kemudian setelah meluncurkan motor 200 cc ini keduanya sepakat untuk mengakhiri kerjasama.

Saat ini Kawasaki terlihat masih belum berminat untuk kembali meluncurkan produk baru bersama dengan Bajaj. Hal ini karena kehadiran motor Pulsar 200NS di pasar otomotif Indonesia masih belum mencapai target yang diharapkan.

Kawasaki-Bajaj di Filipina

Dengan berbagai buruknya hasil kerjasama yang dialami Kawasaki dan Bajaj ternyata tidak berlaku demikian di Filipina. Kerjasama antara Bajaj dan Kawasaki di Filipina sampai saat ini masih terus berjalan. Bahkan kerjasama yang mereka lakukan sudah berjalan lebih dari satu dekade, tepatnya mulai tahun 2004 silam. Keduanya masih terus mengembangkan motor dengan teknologi yang maju, dapat diandalkan, dan hemat bahan bakar.

Dalam sebuah konferensi pers yang diadakan Kawasaki Motors Philippines Corporation keduanya menegaskan bahwa akan tetap membina kerjasama yang positif antara Kawasaki dan Bajaj. Konferensi pers ini diadakan untuk merayakan kerjasama antara Kawasaki dan Bajaj yang sudah berjalan selama 13 tahun.

Kawasaki Filipina juga memastikan bahwa pernyataan cerai yang terjadi di Indonesia dan India tidak akan mempengaruhi kerjasama yang mereka lakukan di Filipina. Untuk memastikan bahwa kerjasama mereka akan terus berlanjut bahkan kedua pabrikan telah mengumpulkan semua petinggi perusahaan guna melakukan pertemuan formal. Dan hasilnya didapatkan bahwa kerjasama akan terus berlanjut.

Sepertinya teknik kerjasama dan pemasaran yang dilakukan oleh Bajaj dan Kawasaki perlu dipelajari oleh Bajaj dan Kawasaki yang ada di Indonesia dan Filipina. Dengan mempelajari teknik yang mereka gunakan akan meningkatkan hasil positif di masing-masing negara tersebut.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *