Monday, 21/5/2018 | 11:16 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Olah Limbah Mobil Listrik dari Renault

3. Cara Olah Limbah Mobil Listrik Dari Renault

Otolibs.com – Peraturan pemerintah yang akan mengatur tentang kendaraan ramah lingkungan juga dijadikan kesempatan oleh beberapa perusahaan.

Polusi udara dan mesin mobil konvensional saat ini juga sedang diguncang dengan adanya mobil listrik. Sama halnya dengan kendaraan lain, dalam jangka panjang mobil listrik juga akan memiliki masalah lain.

Mobil listrik sendiri merupakan mobil yang sistem penggeraknya menggunakan motor listrik, menggunakan energi listrik dan disimpan dalam baterai. Beberapa mobil yang menggunakan listrik saat ini juga sudah cukup banyak seperti Chevrolet Volt, Tesla Roadster, Fisker Karma, Ford Focus Electric, Nisssan LEAF dan masih banyak yang lainnya.

Limbah Mobil Listrik

Salah satu masalah dari mobil listrik ada pada limbah baterainya yang dimungkinkan dapat memberikan dampak pada lingkungan di sekitarnya.Perusahaan asal Perancis, Renault telah menemukan jalan keluar untuk mengatasi kondisi limbah tersebut.

Perusahaan ini bekerja sama dengan perusahaan Powervault dan perusahaan listrik Marks & Spencer Energy. Perusahaan-perusahaan tersebut akan memanfaatkan baterai otomotif mobil yang dapat digunakan dirumah dan aplikasi real estate yang lainnya.

Setelah baterai beroperasi sampai 10 tahun dalam kendaraan listrik, baterai tersebut sudah tidak dapat digunakan untuk aplikasi otomotif tapi masih memiliki kapasitas yang cukup digunakan untuk yang lainnya.

Cara Olah Limbah Baterai

Baterai yang akan dikeluarkan oleh produsen mobil, diuji dan dikemas lagi. Pengemasan ini akan disimpan di unit penyimpanan rumah oleh sebuah perusahaan Powervault dan akan diberi masa sewa kedua supaya dapat digunakan dalam jangka waktu 10 tahun kedepan.

Program tersebut masih dalam uji coba yang akan dimulai bulan depan, di Inggirs. Sebanyak 50 unit baterai akan didistribusikan ke Marks & Spencer Energi. Sedangkan yang akan diberikan pasokan baterai mulai dari sekolah dan penyewa perumahan sosial.

Dengan adanya sumber listrik dari EV atau Electrik Vechile ini akan sedikit mengurangi biaya penggunaan listrik rumah tangga sampai 30%. Jika program ini berhasil maka akan diluncurkan di pasar dan akan berlaku untuk merek aliansi dari perusahaan Renault seperti mobil Nissan dan Mitsubishi.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *