Thursday, 18/1/2018 | 8:07 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tekanan Angin yang Ideal pada Saat Mudik Berboncengan

3. Tekanan Angin yang Ideal pada Saat Mudik Berboncengan

Otolibs.com – Banyak masyarakat Indonesia yang pulang ke kampung halaman menggunakan sepeda motor. Ketika hendak mudik menggunakan sepeda motor diperlukan kesiapan fisik yang prima serta kondisi yang benar-benar terjaga. Dengan kondisi motor yang baik, maka perjalanan ke kampung halaman akan berlangsung dengan lancar.

Tekanan Angin pada Ban

Tekanan Angin yang Ideal

Komponen yang harus diperhatikan ketika hendak melakukan mudik dengan motor adalah kondisi kedua ban. Ban yang digunakan harus dalam keadaan baik, selain itu tekanan angin yang dimiliki ban motor juga harus ditingkatkan dari standar yang dianjurkan. Bagi pemudik yang menggunakan motor sebaiknya jangan membawa penumpang lebih dari dua, selain itu banyaknya barang bawaan juga harus diperhatikan agar mudik menjadi nyaman dan selamat.

Tekanan angin pada ban yang hendak digunakan untuk mudik sebaiknya ditingkatkan 3 sampai 4 PSI dari ukuran standar yang diberikan. Penambahan tekanan angin pada ban dikarenakan motor yang digunakan untuk mudik biasanya membawa beban yang lebih berat dari standar biasanya.

Banyak pemudik dengan motor yang berboncengan dengan membawa banyak barang bawaan yang diikatkan pada bodi motor. Kondisi ini tentu menyebabkan beban yang harus ditopang oleh ban motor ikut bertambah.

Fungsi Ban

Salah satu fungsi utama dari ban adalah untuk menahan beban kendaraan. Jika sebuah motor mendapatkan tambahan beban, namun ukuran tekanan angin tetap sama maka tekanan yang diberikan pada ban akan semakin besar. Apabila angin pada ban ditambah menjadikan posisi menapak karet ban dengan permukaan jalan menjadi lebih maksimal. Sehingga resiko kecelakaan akibat kondisi ban yang mendapatkan tekanan yang terlalu berat bisa dihindari.

Sebuah ban motor yang memiliki tekanan angin yang cukup akan menapak dengan maksimal apabila bersentuhan dengan permukaan jalan. Namun, kondisi tekanan angin pada ban yang kurang juga menyebabkan pijakan ban pada jalan juga berkurang. Sehingga akan sangat berbahaya jika Anda melakukan manuver di jalanan yang berbatu atau licin.

Dengan demikian memilih ukuran tekanan angin yang sesuai dengan situasi dan kondisi merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar nantinya efek buruk dari ban yang kurang tekanan angin dapat dihindari.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *