Sunday, 21/1/2018 | 12:47 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Pentingnya Ganti Aki Mobil Sebelum Mudik Lebaran

4. Pentingnya Ganti Aki Mobil Sebelum Mudik Lebaran

 

Otolibs.com – Ketika melakukan perjalanan jarak jauh, seperti mudik lebaran diperlukan performa mobil yang benar-benar prima. Dengan performa yang prima maka proses mudik lebaran Anda akan berlangsung dengan selamat. Ketika akan melakukan perjalanan jarak jauh, seperti mudik lebaran ada baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu mobil yang akan digunakan. Bagian yang diperiksa bukan hanya mesin ataupun bagian ban, namun sistem kelistrikan seperti aki merupakan hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Tentang Kondisi Aki Mobil

Aki Mobil Berumur

Banyak orang yang berfikir untuk mengganti aki kering dan aki basah bagi mobil yang sudah berumur sebelum melakukan perjalanan jauh. Sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan jika Anda rajin mengisi air aki. Jika mobil terbiasa dibawa jalan jarak jauh dengan rpm di atas 2.000 dan rajin diisi air sebaiknya tidak perlu untuk mengganti aki, karena sistem kelistrikan tetap aman untuk berkendara jauh.

Bagi sebuah mobil, jika masih memiliki starter yang baik tidak perlu untuk diganti akinya. Untuk aki kering perawatan yang dilakukan berkaitan dengan perjalanan yang dilakukan. Jika sering melakukan perjalanan jarak jauh dengan rpm di atas 2.000 maka aki tersebut masih aman untuk dipakai.

Bagi sebuah mobil yang sudah berumur untuk mengindikasikan apakah aki yang dimiliki masih bagus atau tidak adalah dengan melihat bagian starter. Jika distarter masih bertenaga dan memiliki voltase di atas 10 volt maka masih aman untuk digunakan mudik lebaran jarak jauh.

Aki Mobil Mewah

Sedangkan untuk mengetahui kondisi aki pada mobil yang termasuk mewah seperti Land Rover dan Jaguar ada cara tersendiri. Jika Anda memiliki mobil yang mewah untuk mengetahui kondisi akinya bisa dilihat melalui alat diagnosis. Alat diagnosis ini akan menunjukkan kondisi aki yang sehat atau tidak.

Dalam mengetahui kondisi aki pada mobil mewah dapat dilihat dari CCA (Crank Capacity Ampere) bukan dari voltasenya. CCA akan menunjukkan pada tingkat berapa mobil masih bisa digunakan untuk starter. Ada tiga jenis warna lampu yang akan menunjukkan kondisi dari aki pada mobil mewah. Mulai dari lampu merah, kuning, dan hijau. Jika lampu sudah berwarna merah maka menandakan bahwa aki pada mobil mewah harus segera diganti agar performa mobil tetap terjaga.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *