Monday, 21/5/2018 | 9:05 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Antara Pelapis Jok Paten, Semi Paten atau Sarung

5. Antara Pelapis Jok Paten, Semi Paten atau Sarung

 

Otolibs.com – Terdapat dua teknik yang berbeda dalam penerapannya ketika membungkus jok. Namun, masih banyak pemilik mobil yang belum mengetahui tentang teknik pemasangan pelapis jok interior ini. Tentang pilihan pelapis jok mobil ini konsumen akan ditanya ketika datang ke bengkel jok mobil.

Jenis Pelapis Jok

Jenis Pelapis Jok Paten

Konsumen akan diberi pilihan dua jenis pelapis jok, yaitu pelapis paten dan sarung. Untuk sarung jok merupakan pelapis yang dipasang untuk menutupi pelapis jok bawaan mobil, sedangkan teknik paten merupakan proses melepas pelapis jok lama dan menggantinya dengan pelapis jok baru yang memiliki bahan yang lebih berkualitas dari sebelumnya.

Teknik terbaik yang dapat digunakan melapisi jok mobil adalah dengan menggunakan teknik paten. Hal ini karena teknik paten dianggap lebih mudah saat dipasang dan terlihat lebih rapi dan nyaman ketika dipakai untuk duduk. Adapun keunggulan yang dimiliki oleh teknik paten adalah bisa menonjolkan kualitas jahitan, kombinasi warna jok yang dibuat, model, dan pola yang dibuat.Konsumen juga bisa menambahkan busa agar terasa lebih nyaman untuk diduduki ketika melakukan perjalanan yang jauh.

Jenis Pelapis Jok Sarung

Orang yang menggunakan teknik jok sarung biasanya dikarenakan kepraktisan yang dimiliki serta biaya yang dikeluarkan juga lebih irit. Teknik jok sarung dipasang tanpa melepas pelapis jok yang lama, bahkan jok mobil juga tidak perlu dilepas dari mobil.

Namun, karena mengandalkan ikatan untuk menempelkan bahan pada jok, mengakibatkan teknik ini memiliki hasil yang kurang rapi. Adanya gerak tubuh yang berlebihan ketika berada di dalam mobil juga menyebabkan pelapis jok sarung bergeser dari posisinya. Penggunaan pelapis jok sarung lebih diutamakan untuk melindungi pelapis bawaan mobil agar saat dijual kembali kondisi jok bawaan masih seperti semula, sehingga harganya juga bisa lebih mahal.

Ternyata, selain dua teknik pemasangan pelapis jok mobil tadi masih ada satu cara pemasangan lagi yang sekarang sedang tren, yakni teknik semi paten. Teknik ini sebenarnya mirip dengan jok sarung, karena teknik semi paten hanya membungkus pelapis jok yang lama dengan yang baru. Yang membedakannya dari teknik jok sarung adalah di beberapa titik bahan dijahit ke pelapis bawaan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *