Thursday, 18/1/2018 | 8:08 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ban yang Kurang Angin Justru Beresiko Pecah

5. Ban yang Kurang Angin Justru Beresiko Pecah

Otolibs.com – Banyak orang yang mengabaikan keadaan ban yang dimiliki. Hal ini sebenarnya berbahaya karena bisa membahayakan pengendara ketika angin pada ban tidak sesuai standar yang dianjurkan. Bahkan pengendara mobil sering menganggap bahwa kurang angin pada ban merupakan hal yang sepele. Ketika ban masih bisa berputar dan tidak menimbulkan goyangan maka dianggap masih aman untuk digunakan.

Ban yang Kurang Angin

Bahaya Ban Kurang Angin

Tanpa diketahui banyak orang, ternyata ban yang kurang angin memiliki resiko pecah yang tinggi. Hal ini dikarenakan bagian sidewall atau dinding ban mendapatkan tekanan yang lebih berat ketika tekanan angin pada sebuah ban berada di bawah standar yang dianjurkan. Bahkan jika mobil membawa beban yang berlebihan maka tekanan yang diberikan pada dinding ban bisa lebih berat lagi.

Jika tekanan pada sidewall ban terjadi secara terus-menerus dan melebihi batas beban yang dapat ditanggung maka benang-benang nylon yang menjadi kekuatan ban bisa putus dan akhirnya ban pecah. Ban yang pecah ini diakibatkan dinding ban yang telah sobek. Hal ini tentunya sangat membahayakan ketika ban pecah di tengah perjalanan dengan membawa banyak orang penumpang.

Anggapan Salah pada Ban

Yang lebih berbahaya lagi, masih banyak pengendara yang beranggapan bahwa ketika membawa beban yang berat tekanan angin pada ban harus dikurangi. Hal ini dimaksudkan agar ban tidak pecah ketika membawa beban yang lebih besar. Anggapan ini harus segera diubah karena tekanan ban yang lebih kecil dari standar justru mengakibatkan kemungkinan ban untuk pecah lebih besar lagi.

Sebenarnya pada dinding ban motor sudah terdapat kode yang menjelaskan tentang beban maksimum yang dapat diterima oleh ban. Ketika di dinding ban terdapat tulisan “max load 170 kg (374 lbs) at 260 kPa (33 psi) cold”. Maka maksud dari tulisan tersebut adalah beban maksimum yang bisa ditanggung ban yaitu 170 kilogram. Namun dengan syarat bahwa tekanan ban yang dimiliki 33 per square inch dan kondisi ban juga dingin.

Berbeda dengan ban mobil, sidewall yang ada pada ban motor sangat penting untuk menjaga kestabilan ban saat menikung. Hal ini karena derajat kemiringan yang dimiliki ban motor lebih rendah daripada ban mobil ketika melakukan gerakan menikung.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *