Sunday, 21/1/2018 | 12:41 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Bahaya Lumasi Rantai Motor dengan Oli Bekas

7. Bahaya Lumasi Rantai Motor dengan Oli Bekas

Otolibs.com – Rantai merupakan bagian dari motor yang memiliki fungsi yang sangat penting. Dengan adanya rantai yang memiliki kondisi yang bagus maka laju kendaraan juga akan lebih baik dan stabil. Jika Anda tidak rajin melakukan perawatan terhadap rantai motor akan mengakibatkan usia pakai rantai sepeda motor juga lebih pendek. Misalnya rantai sering terkena air atau debu tanpa diikuti dengan perawatan yang tepat maka menyebabkan rantai cepat rusak.

Bahaya Lumasi Rantai dengan Oli Bekas

Bahaya yang Ditimbulkan

Air bisa menyebabkan rantai mengalami korosi sedangkan adanya debu bisa mengakibatkan rantai cepat kendur. Sehingga motor tidak bisa melaju dengan baik. Perawatan paling tepat yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan pada rantai adalah dengan melumasi rantai motor dengan pelumas rantai. Tetapi banyak pemilik motor dan bengkel yang menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai sepeda motor.

Sebenarnya penggunaan oli bekas untuk melumasi rantai motor tidak disarankan karena bisa menjadikan rantai motor cepat kendur dan melar. Lebih baik untuk menggunakan pelumas rantai dan hindari penggunaan oli bekas agar kondisi rantai tetap bagus. Dengan menggunakan pelumas rantai maka usia pakai rantai motor juga lebih panjang karena kondisinya yang terawat tadi.

Efek Lain yang Muncul

Adapun efek lain yang ditimbulkan jika melumasi rantai motor dengan oli bekas adalah menjadikan rantai berisik dan menimbulkan bercak-bercak karat jika sampai telat melumasi rantai. Oli bekas tidak baik digunakan untuk melumasi rantai karena di dalam oli bekas terdapat limbah sisa hasil pembakaran yang terjadi di dalam mesin. Sisa limbah tadi menyebabkan terjadinya pengikisan pada rantai motor, sehingga rantai menjadi berkarat dan dan berisik.

Selain menjadikan rantai motor cepat kendur, penggunaan oli bekas juga menyebabkan komponen yang dimiliki pada rantai cepat rusak. Komponen pada rantai yang bisa rusak ketika menggunakan pelumas dari oli bekas adalah pada bagian O-ring.

Pilihan terbaik adalah dengan menghindari penggunaan oli bekas pada rantai dan menggunakan pelumas rantai yang dianjurkan. Anda bisa mendapatkan pelumas rantai di toko-toko yang menjual perlengkapan perawatan motor atau bisa juga di bengkel.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *