Sunday, 21/1/2018 | 12:24 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Masalah yang Timbul Pada Kendaraan Jika Jarang Diganti Oli

6. Masalah Yang Timbul Pada Kendaraan Yang Jarang Diganti Oli

 

Otolibs.com – Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang menjadi andalan masyarakat Indonesia. banyak masyarakat yang sadar, jika kendaraan ini sering digunakan tapi tidak sedikit dari masyarakat yang tidak peduli dalam urusan servis kendaraan mereka, terutama untuk ganti oli.

Kebanyakan dari pemilik motor sudah masuk masa servis belum mengganti oli mereka. Tapi sebaiknya jika sudah masuk masa servis untuk cepat mengganti oli sepeda motor supaya tidak menimbulkan resiko.

Masalah Kendaraan Jika Jarang Ganti Oli

Mesin Menjadi Aus

Beberapa masalah yang akan timbul jika oli pada sepeda motor jarang diganti seperti kondisi seher menjadi lebih cepat aus, bearing crankshaft lebih cepat aus dan bagian kendaraan lainnya juga dapat lebih cepat mengalami aus.

Jika kendaraan yang jarang diganti oli dan dibiarkan terlalu lama, ada efek yang akan cukup terasa seperti suara mesin menjadi kasar dan kondisi motor juga menjadi tidak nyaman jika dipaksa untuk digunakan.

Kerusakan pada Mesin

Efek lainnya juga dapat menimbulkan banyak kerugian seperti kepanasan atau overheating, menurunnya kinerja mesin, boros BBM, harga jual rendah dan komponen mesin yang lainnya juga menjadi rusak.

Pelumas berguna sebagai pendingin, jika mesin dalam keadaan buruk dan volume oli berkurang banyak maka oli tidak akan mampu lagi mendinginkan mesin dengan baik seperti semula. Lama kelamaan komponen mesin menjadi rusak jika kepanasan.

Jika melakukan pergantian oli jarang dilakukan, akan berisiko dengan performa mesin, lebih berkurang karena saat kondisi oli sudah tidak bagus maka performa dari mesin juga akan menurun.

Boros Bahan Bakar

Saat mesin menyala, sejumlah komponen mesin terjadi gesekan. Jika oli mesin lama tidak segera diganti & kinerja oli berkurang maka akan terjadi gesekan antar komponen mesin menjadi lebih kasar dan keras. Dengan begitu akan membuat tarikan mesin lebih berat dan membutuhkan lebih banyak konsumsi bahan bakar.

Hanya dikarenakan jarang ganti oli, komponen juga menjadi cepat aus, kerja pelumas menjadi tidak maksimal dan mengakibatkan bagian lainnya ikut rusak. Resiko paling berat jika terjadi turun mesin. Selain itu kendaraan juga akan bermasalah dengan menurunnya harga jual sepeda motor di pasaran.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *