Tuesday, 23/1/2018 | 1:44 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Regulasi Emisi Euro IV Menurut Hino

Regulasi Emisi Euro IV Menurut Hino

Otolibs.com – Pemerintah memberikan wacana, untuk menerapkan standar emisi Euro IV di Indonesia. Tidak hanya untuk kendaraan penumpang saja, tapi standar ini akan membidik kendaraan komersial juga.

Peraturan ini diberlakukan melalui kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dengan adanya peraturan Menteri LHK tentang adanya baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe Euro IV.

Peraturan tersebut juga sudah disetujui dan sudah ditandatangani Menteri Perekonomian pada 1 Maret 2017. Kesepakatan ini juga sudah masuk proses penyiapan draft dari tahun 2014 tapi ada kendala kondisi kilang pertamina belum siap memproduksi bahan bakar standar Euro IV.

Sampai akhirnya menteri menyampaikan surat kepada presiden dengan arahan waktu aturan tersebut akan diberlakukan yang kemudian disampaikan kembali kepada Menko Perekonomian.

Regulasi Emisi Euro IV

Dengan adanya wacana untuk menerapkan standar emisi Euro IV ke penumpang dan komersial membuat Hino ikut berkomentar dan berteriak menyaksikan kesiapan pemerintah tersebut yang akan diberlakukan dalam waktu dekat ini.

Direktur pemasaran dan penjualan PT Hino Motor Sales Indonesia juga menanyakan arah dari pemerintah dalam memberlakukan batasan emisi Euro IV. Maksud dari pertanyaan Hino sendiri untuk menanyakan infrastruktur dalam mendukung standar emisi tersebut apakah sudah siap ataukah belum.

Infrastruktur yang mendukung emisi ini mulai dari bahan bakar yang digunakan kebanyakan pemain kendaraan niaga. Disamping itu PT Hino juga sudah siap jika memang akan diberlakukan.

Komentar PT Hino Motor Sales Indonesia

Tapi pihak dari Hino juga ingin mengetahui aturan yang jelas atau reasonable. Karena pihak Hino memiliki orang lebih dari 2.500 dan produksi Indonesia juga butuh persiapan. Menurut Hino untuk mengubah standar emisi tidak semudah itu.

Setiap pihak juga membutuhkan koordinasi antara pemerintah dengan produsen agar tetap inline. Tanggung jawab sebagai produsen juga dianggap besar dan posisinya bukanlah sebagai importir.

Dari PT Hino sudah ada selama 3 tahun, sedangkan Euro IV baru saja akan diberlakukan tahun depan dan masih belum ada titik temu dengan pemerintahan yang akan memberlakukan peraturan tersebut.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *