Thursday, 18/1/2018 | 8:06 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Dalam Memilih Bagasi Tambahan Mobil Jelang Mudik

6. Tips Dalam Memilih Bagasi Tambahan Mobil Jelang Mudik

Otolibs.com – Ketika menjelang mudik penggunaan roof box bisa digunakan sebagai pilihan alternatif bagi Anda yang membutuhkan bagasi tambahan pada mobil yang digunakan untuk mudik. Roof box bisa digunakan untuk mengakali ruang bagasi yang terbatas dikarenakan banyaknya barang bawaan ketika perjalanan mudik. Namun, dalam memilih roof box yang diletakkan di atas mobil haruslah cermat agar tidak terlihat aneh ketika digunakan.

Pemilihan Roof Box yang Baik

Ukuran Roof Box

Selain fungsinya, segi estetika juga merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Jika Anda salah memilih roof box maka akan menjadikan tampilan mobil menjadi aneh ketika dilihat. Yang tidak boleh terlupakan adalah sesuaikan dengan kebutuhan bagasi yang diperlukan.

Misalnya untuk city car seperti Honda Jazz dan Brio bagus menggunakan roof box dengan kapasitas 300 liter agar bentuknya tidak terlalu besar. Sedangkan untuk SUV (Sport Utility Vehicle) sebaiknya menggunakan roof box dengan kapasitas 370-420 liter.

 Lalu untuk MPV (Multi Purpose Vehicle) sebaiknya menggunakan roof box dengan kapasitas 300-370 liter. Dengan menggunakan ukuran yang dianjurkan tersebut maka roof box yang berada di atas mobil Anda tidak akan terlihat aneh.

Bentuk Roof Box

Untuk bentuk dari roof box juga jangan terlalu lebar dan tinggi karena akan mempengaruhi pada handling mobil. Jika roof box yang dipasang terlalu tinggi akan membahayakan orang lain. Hal ini dikarenakan visibilitas yang penglihatan yang dimiliki pengendara lain akan terganggu, disebabkan roof box pada mobil Anda yang terlalu tinggi tadi. Sedangkan untuk tipe SUV sebaiknya tinggi roof box jangan melebihi 50 cm yang dihitung dari tinggi atap.

Masuk ke bagian roof rack, pemilihannya disesuaikan dengan budget yang dimiliki karena semuanya terdiri dari sistem jepit. Untuk roof rack lokal memiliki kapasitas berat maksimal 75 kilogram, sedangkan untuk roof rack impor memiliki kapasitas berat maksimal 120 kilogram. Baik itu roof rack lokal maupun impor sama-sama terbuat dari aluminium stell.

Namun, dengan kekuatan yang dimiliki tersebut menjadikan harga pada keduanya juga berbeda. Jika Anda menginginkan harga yang lebih murah bisa membeli roof rack lokal dan begitupun sebaliknya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *