Monday, 24/9/2018 | 6:09 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tata Motor Bikin Bus Double Decker di Indonesia

8. Tata Motor Bikin Bus Double Decker di Indonesia

Otolibs.com – Baru-baru ini kendaraan penumpang seperti bus terus mengalami transformasi ke bentuk dan fasilitas yang lebih modern. Hal ini sama seperti yang terjadi pada mobil penumpang yang terus mengalami penyegaran ke tingkat yang lebih baik dan modern lagi.

Salah satu dari proses transformasi yang dilakukan pada kendaraan penumpang adalah adanya model bus tingkat (double decker) yang mulai dipasarkan ke berbagai perusahaan otobus (PO) yang ada di Indonesia. Jika hal ini terus berlangsung maka akan banyak bus tingkat yang beroperasi di Indonesia.

Kehadiran Bus Double Decker

Bus Double Decker dari Tata Motors

Walaupun kehadiran bus tingkat di Indonesia mendapat apresiasi yang bagus dari masyarakat, namun baru Mercedes-Benz dan Scania yang menawarkan bus tingkat pada perusahaan otobus di Indonesia. Salah satu pelaku kendaraan komersial di Indonesia, Tata Motors juga sangat memberikan apresiasi yang tinggi kepada produsen yang menjual bus double decker di Indonesia, sehingga nantinya Indonesia memiliki banyak bus double decker.

Dengan adanya bus double decker akan memberikan efek yang positif terhadap ketersediaan sarana transportasi umum di Indonesia yang lebih mumpuni. Bus tingkat merupakan salah satu solusi yang bagus untuk meningkatkan sarana transportasi yang ada di Indonesia.

Namun, untuk saat ini Tata Motors tidak berfokus pada segmen bus double decker saja. Saat ini Tata Motors sedang berfokus pada big bus, bus double decker, bus hybrid, dan lain-lain yang merupakan fase berkelanjutan dari Tata Motors.

Fokus yang Dilakukan Tata Motors

Walupun saat ini Tata Motors tengah fokus pada kendaraan komersial, namun tidak semua model bus dan truk bisa langsung dipasarkan di pasar otomotif Indonesia. Yang dilakukan oleh Tata Motors adalah dengan pemasaran produk di Indonesia secara bertahap. Hal ini dikarenakan jenama yang berasal dari India tersebut merupakan pendatang baru di pasar otomotif Indonesia.

Yang berarti Tata Motors tidak bisa langsung membawa semua produk kendaraan yang ada di India untuk dijual di Indonesia. Saat ini yang harus dilakukan oleh Tata Motors adalah menyiapkan layanan purnajual, suku cadang, dan kebutuhan pelanggan lain yang dibutuhkan sebelum memasarkan produk yang dimiliki.

Di India Tata Motors juga tidak menjual bus double decker, namun di Indonesia berbeda karena jumlah masyarakat yang tinggi sehingga kebutuhan transportasi publik juga tinggi.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *