Tuesday, 22/5/2018 | 4:14 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ciri-ciri Rem Blong pada Kendaraan Pribadi yang Perlu Diketahui

Ciri-ciri Rem Blong

Otolibs.com – Rem yang blong merupakan penyebab kecelakaan yang cukup tinggi di Indonesia ataupun di negara lain. Keadaan rem blong menyebabkan mobil tidak bisa menghentikan lajunya, sehingga bisa terjun ke jurang maupun menabrak kendaraan lainnya. Tentu hal ini akan sangat mengerikan jika sampai terjadi. Akhir-akhir ini bahkan banyak kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi dikarenakan rem yang blong.

Rem Blong pada Kendaraan

Ciri-ciri Rem Blong

Kebanyakan kecelakaan karena rem blong dialami oleh kendaraan angkut yang berukuran besar, namun bukan berarti mobil penumpang tidak bisa mengalami rem blong. Bahkan untuk sepeda kayuh juga bisa mengalami rem blong ketika sedang digunakan untuk bersepeda. Sehingga dibutuhkan perawatan dan pengecekkan pada kendaraan secara cermat dan berkala agar kondisi kendaraan benar-benar prima dan siap untuk digunakan berkendara.

Sebenarnya ada hal tertentu yang menyebabkan sebuah kendaraan tiba-tiba mengalami rem blong ketika tengah digunakan untuk berkendara. Adapun penyebab utama terjadinya rem blong pada kendaraan adalah adanya kebocoran pada saluran minyak rem. Ketika suhunya panas, minyak rem berbusa dan saat diinjak menjadi ngempos dikarenakan ada udaranya. Selain karena kebocoran minyak rem, hal lain yang bisa menyebabkan rem blong adalah kampas rem yang sudah habis namun belum diganti.

Penyebab Lain Rem Blong

Pada saat terjadi kebocoran pada minyak rem sebenarnya bisa dirasakan oleh pengemudi. Ketika minyak rem bocor, pedal rem akan terasa keras ketika diinjak. Saat pedal rem terasa keras ketika diinjak sebaiknya segera berhenti dan mencari bengkel untuk segera dilakukan perbaikan agar masalah rem blong dapat dihindari.

Dalam kasus kecelakaan lainnya, terjadinya rem blong disebabkan karena kebocoran dan dan udara terjebak di bagian saluran rem. Sehingga ketika pengendara menginjak rem, kondisi rem terasa keras.

Jika rem blong yang diakibatkan karena kampasnya yang habis maka kondisinya lebih parah lagi karena komponen rem lainnya tidak akan bisa untuk menahan laju kendaraan. Sehingga kendaraan yang melaju dengan kecepatan yang tinggi akan mudah untuk terguling ke jurang. Atau yang membahayakan lagi adalah bisa menabrak kendaraan lain.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *