Tuesday, 23/1/2018 | 1:56 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Lamanya Usia Shock Breaker Motor

9. Lamanya Usia Shock Breaker Motor

Otolibs.com – Shock breaker merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang sangat vital. Dengan memiliki shock breaker yang baik akan menjadikan kenyamanan ketika berkendara tetap terjaga. Saat ini, dengan semakin banyaknya pengguna sepeda motor menjadikan banyaknya suku cadang atau spare part yang beredar di pasaran. Begitu juga dengan shock breaker, banyak sekali jenis shock breaker yang beredar di pasaran, sehingga Anda harus jeli ketika hendak membelinya.

Shock Breaker pada Motor

Jenis Shock Breaker

Sekarang ini ada banyak sekali jenis shock breaker yang dapat Anda pilih. Berbagai macam shock breaker ini dapat dengan mudah ditemui di pasaran. Jenis yang dapat dipilih adalah dari yang asli atau orisinil sampai yang palsu. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, dari harga yang murah sampai harga yang super mahal, tergantung dari jenis shock breaker yang Anda pilih.

Ketika hendak mengganti shock breaker perlu memperhatikan waktu ideal yang dibutuhkan agar kondisi shock breaker benar-benar sudah saatnya untuk diganti. Untuk shock breaker yang memiliki kualitas yang baik atau orisinil sebenarnya tidak memiliki usia penggunaan. Untuk tetap menjaga kenyamanan ketika berkendara sebaiknya lakukan pengecekan terhadap shock breaker ketika usianya telah mencapai tiga tahun.

Waktu Pengecekkan Shock Breaker

Ketika melakukan pengecekan saat usia shock breaker mencapai tiga tahun sama saja dengan motor tersebut telah mencapai jarak 30.000 kilometer. Ini merupakan batas pengecekan normal yang dapat dilakukan pada shock breaker.

Sistem kerja dan usia yang dimiliki oleh shock breaker juga ditentukan oleh cara pemakaian motor. Pemilik kendaraan tidak bisa menganggap bahwa shock breaker merupakan komponen yang tidak penting karena akan mempengaruhi laju kendaraan Anda. Ketika terjadi kerusakan ada beberapa shock breaker yang tidak bisa untuk diperbaiki atau ketika terjadi kerusakan harus dibuang dan diganti dengan shock breaker yang baru.

Ada juga shock breaker yang bisa diperbaiki ketika terjadi kerusakan, sehingga setiap tiga tahun sekali cukup untuk melakukan pemeriksaan terhadap shock breaker tadi. Saat dilakukan pengecekkan akan diketahui shock breaker yang membutuhkan penyetelan ulang atau terdapat komponen yang mengalami kerusakan sehingga membutuhkan perbaikan. Ketika tidak terjadi kerusakan dan selalu dijaga, shock breaker bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *