Sunday, 20/5/2018 | 10:03 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Motor Oleng? Ketahui Beberapa Hal yang Jadi Penyebabnya

Motor Oleng Ketahui Beberapa Hal yang Jadi Penyebabnya

Otolibs.com – Performa motor yang stabil tentu dapat membuat rasa aman dan nyaman bagi pengendara. Bisa dibayangkan jika Anda menggunakan motor yang oleng, apa yang terjadi? Tentu tidak nyaman bukan? Selain itu tingkat keselamatan di jalan raya juga dipertaruhkan, selain membahayakan untuk diri sindiri juga membahayakan orang lain.

Permasalahan motor oleng pastinya ada faktor yang mempengaruhinya. Selain terlalu sering melewati trek yang rusak atau jalanan yang bergelombang. Untuk itu simak terus ulasan berikut yang mengakibatkan beberapa komponen menjadi rusak sehingga terjadi motor oleng.

Beberapa Hal yang Menyebabkan Motor Oleng

Velg

Velg merupakan salah satu komponen yang dapat menyebabkan motor oleng. Untuk mengetahuinya gunakan obeng atau sebatang besi lalu dekatkan hingga hampir bersentuhan dengan velg. Lalu gerakkan roda depan dan belakang saat obeng atau besi menyentuh velg motor hal ini menandakan velg sudah tidak dalam kondisi yang presisi. Sehingga harus dilakukan setel velg dibengkel-bengkel motor.

Laher Roda

Laker atau laher roda merupakan salah satu penyebab motor oleng. Cara mendeteksinya juga sangat mudah yaitu memperhatikan ban motor, saat ban motor tidak kempes, baut roda masih kencang namun motor oleng berarti bisa dipastikan penyebabnya karena laker.

Selain itu, cara mendeteksi laker rusak atau tidak adalah dengan cara menggoyangkan roda ke arah kanan atau kiri, depan atau belakang di posisi standar dua. Saat laker rusak maka saat digerakkan akan ada goyangan yang mengeluarkan bunyi.

Ban Motor

Selain itu, motor oleng juga dapat terjadi karena kondisi ban yang tidak presisi. Untuk itu Anda perhatikan apakah ada kondisi ban yang sudah rusak misalnya bolong atau robek? Jika iya, maka itulah yang menyebabkan motor oleng.

Selain hal tersebut, cek rotasi ban. Saat rotasi ban terbalik maka ban lebih mudah aus sementara ketika dikendarai menyebabkan rasa tidak nyaman. Solusi permasalahan ini dapat mengempeskan ban terlebih dahulu lalu pasang menggunakan posisi presisi sehingga tidak oleng.

Itulah beberapa komponen yang sering menyebabkan motor oleng. Untuk itu perawatan berkala sangat penting dilakukan agar terhindar dari berbagai masalah kerusakan pada motor.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *