Monday, 21/5/2018 | 9:03 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Toyota Pertimbangkan Pasang Hybrid di Innova, Avanza

12. Toyota Pertimbangkan Pasang Hybrid di Innova, Avanza

Otolibs.com – Di dunia populasi mobil yang memiliki teknologi hybrid kian bertambah banyak. Hybrid merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan terjadinya gabungan antara mesin pembakaran dengan motor listrik. Untuk Toyota sudah mencatat bahwa sejak diluncurkan pada tahun 1997 terdapat sebanyak 10 juta unit mobil hybrid di pasaran.

Teknologi Hybrid dari Toyota

Rencana untuk Mobil Hybrid

Toyota juga sudah mempertimbangkan untuk lebih banyak lagi menggunakan teknologi hybrid pada line up mobil yang mereka miliki. Untuk di Indonesia, mobil yang dipertimbangkan menggunakan teknologi hybrid adalah mobil seperti Innova dan juga Avanza.

Beberapa saat yang lalu, Toyota sudah memasarkan Camry hybrid dan Prius. Namun, Prius hanya dijual berdasarkan pesanan dari konsumen. Namun, karena popularitas mobil hybrid di dunia kian naik, menjadikan PT Toyota-Astra Motor berencana untuk penanaman teknologi hybrid pada mobil Avanza dan Innova.

Untuk saat ini belum ada ide yang konkret tentang produksi Avanza hybrid, namun masih dilakukan berbagai pertimbangan untuk menambah model mobil hybrid yang diproduksi secara massal.

Faktor Penentu Kesuksesan Mobil Hybrid

Sebenarnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan dari mobil hybrid, salah satunya adalah faktor bahan bakar di Indonesia yang masih pada level Euro2. Padahal mobil hybrid membutuhkan standar bahan bakar dengan emisi yang lebih baik dari Euro2.

Selain itu, diperlukan bantuan dari pemerintah dalam pemberian subsidi ke mobil hybrid. Dikarenakan mobil ini ramah lingkungan, pemerintah di Jepang dan Malaysia sudah memberikan subsidi kepada mobil listrik dan hybrid.

Subsidi yang dilakukan oleh pemerintah Jepang menjadikan harga akhir yang dibebankan kepada konsumen menjadi tidak terlalu mahal. Dari sisi perawatan mobil hybrid tidak terlalu merepotkan, sama halnya dengan mesin yang berbahan dasar konvensional. Jika tidak ada bantuan dari pemerintah, Toyota tetap akan membuat harga yang kompetitif untuk mobil hybrid yang mereka produksi.

Untuk di Indonesia, mobil low MPV yang sudah memiliki teknologi hybrid adalah Ertiga. Namun, teknologi hybrid yang dimiliki oleh Ertiga masih termasuk ke dalam golongan mid hybrid. Sistem hybrid yang ditanamkan pada Ertiga bertujuan untuk membuat pemakaian bahan bakar lebih efisien. Jika Anda mengendarai Ertiga hybrid maka secara otomatis baterai akan terisi saat mesin tengah bekerja.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *