Wednesday, 18/7/2018 | 8:23 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Berikut Bagian Mobil yang Harus Dicek Sebelum Mudik

2. Berikut Bagian Mobil yang Harus Dicek Sebelum Mudik

Otolibs.com – Di Indonesia, mudik ke kampung halaman merupakan kegiatan yang telah menjadi tradisi bagi kebanyakan orang ketika masa libur Lebaran tiba. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa merayakan hari raya idul fitri bersama dengan anggota keluarga yang ada di kampung halaman, salah satu cara yang sering digunakan adalah mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Bagian Mobil yang Dicek Sebelum Mudik

Bagian yang Dicek

Banyak persiapan matang yang perlu dilakukan jika hendak menempuh perjalanan jarak jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dimaksudkan agar mobil tidak mengalami mogok di tengah perjalanan mudik yang dapat merepotkan pemiliknya. Sehingga melakukan pengecekan terhadap bagian-bagian mobil saat hendak digunakan untuk perjalanan jauh sangat perlu untuk dilakukan.

Bagian kendaraan yang harus dicek jika hendak melakukan perjalanan jauh meliputi jumlah dan kualitas oli, kondisi rem, kualitas radiator (air pendingin mesin), tekanan ban dan kembang ban, serta kondisi AC dan audio.

Hal yang tidak boleh terlupakan adalah melakukan pengecekan mesin secara keseluruhan. Jika mobil yang dimiliki sudah terbiasa melakukan perjalanan jarak jauh maka cukup untuk melakukan tune up mesin secara standar. Pemeriksaan terhadap kondisi air di radiator mobil juga perlu untuk dilakukan, bahkan jika perlu kuras radiator dan ganti dengan air yang baru dan tambahkan dengan cairan pendingin radiator agar performa mesin lebih optimal.

Bagian Lain yang Perlu Dicek

Dikarenakan peran kaki-kaki sangat penting untuk melakukan perjalanan yang jauh, maka pemeriksaan komponen mulai dari ban, pelek, rantai dan gir, dan bearing roda sangat penting untuk dilakukan. Untuk kampas rem tidak harus diganti dengan yang baru, cukup lakukan pembersihan agar terbebas dari kotoran dan periksa bahwa ketebalannya masih layak untuk digunakan.

Setelah melakukan perjalanan yang jauh kendaraan juga harus mendapatkan pengecekan lagi. Pengecekan yang dilakukan setelah kendaraan digunakan untuk perjalanan yang jauh bertujuan agar kendaraan tetap dalam kondisi optimal saat digunakan kembali dalam aktivitas sehari-hari. Pengecekan yang dilakukan hampir sama dengan pengecekan sebelum melakukan perjalanan, namun ada tambahannya yakni pada bagian kaki-kaki karena bisa terkena banyak lubang jalan ketika melaju dalam kondisi yang kencang.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *