Monday, 16/7/2018 | 8:51 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Bahaya Lampu Mobil yang Terlalu Terang

4. Bahaya Lampu Mobil yang Terlalu Terang

Otolibs.com – Pemudik yang menuju ke Jawa Tengah ataupun Jawa Barat biasanya akan melalui Tol Cipali (Cikampek-Paliaman) atau Pejagan-Pemalang. Jika hendak melalui kedua tol ini sebaiknya dilakukan pada siang hari. Hal ini karena kedua tol tersebut memiliki penerangan yang masih minim, sehingga rawan kecelakaan.

Bahaya Lampu Mobil yang Terang

Bahaya Lampu Terang

Tol Cipali masih menggunakan tiang reflektor atau stiker untuk penerangan, sedangkan Tol Pejagan-Pemalang masih dalam masa uji coba. Sehingga penerangan yang ada masih belum memadai untuk digunakan melintas pada malam hari. Sehingga memiliki lampu mobil yang tepat untuk melintasi tol yang seperti ini sangat diperlukan.

Lampu mobil yang tepat dipengaruhi oleh jenis lampu mobil yang dipakai. Jika cahaya yang dikeluarkan oleh mobil tidak mampu menerangi jalanan pada malam hari akan menyebabkan hal yang fatal. Jenis lampu yang digunakan ini harus benar-benar diperhatikan demi keselamatan para pengendara.

Sebenarnya semakin tinggi kelvin atau satuan unit untuk mengukur sumber cahaya maka lampu akan semakin terang atau memiliki cahaya yang cenderung putih. Sedangkan semakin rendah kelvin yang dimiliki maka cahayanya lebih rendah, dan bahkan memiliki cahaya ke arah kuning.

Ukuran Lampu Mobil yang Baik

Ketika keadaan hujan menggunakan lampu yang memiliki kelvin yang tinggi dapat menyebabkan lampu mengalami pembiasan ke arah pengemudi, sehingga menjadikan pengemudi lain menjadi silau. Agar pengemudi masih bisa melihat kondisi di jalanan pada saat hujan yang lebat, gunakan lampu dengan kelvin maksimal 4000 kelvin atau memiliki nyala agak kuning.

Jika melintas di jalanan dengan kondisi yang gelap dan hujan sebaiknya gunakan lampu mobil yang berwarna kuning. Lampu ini lebih terlihat sehingga dapat meningkatkan keamanan berkendara. Lampu dengan warna kuning ini biasanya adalah lampu asli pabrikan. Intinya lampu pabrikan memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan lampu aftermarket.

Dengan menggunakan lampu mobil yang terlalu terang juga menyebabkan pengendara lain menjadi silau. Namun hal ini dipengaruhi oleh satuan yang dimiliki lampu hingga berapa kelvin. Karena lampu yang memiliki kelvin yang tinggi maka kekuatan untuk menembus cahaya semakin kuat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *