Thursday, 19/7/2018 | 9:15 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Bahaya Mobil yang Sering Dijemur

6. Bahaya Mobil yang Sering Dijemur

Otolibs.com – Kondisi cuaca di lingkungan tempat tinggal seperti kering, dingin, dan berdebu akan menimbulkan efek tertentu terhadap bagian-bagian dari mobil. Hal ini menyebabkan cuaca merupakan faktor yang mempengaruhi cara dalam merawat mobil yang berbeda antara cuaca satu dengan cuaca lainnya.

Di Indonesia sendiri masih banyak lahan parkir yang menggunakan tempat terbuka. Hal ini menyebabkan mobil yang diparkir dijemur di bawah teriknya matahari dalam waktu yang lama. Tentunya dengan dijemur di terik matahari ini menimbulkan efek yang tidak baik bagi kendaraan.

Efek Buruk Mobil yang Diparkir di Tempat Panas

Efek Buruk yang Ditimbulkan

Sebenarnya mobil yang sering dijemur di lahan parkir yang terbuka akan memberikan pengaruh yang buruk terhadap kondisi cat kendaraan Anda. Jika terlalu sering dijemur pada kondisi yang panas bisa menyebabkan warna pada cat mobil jadi pudar. Selain warna cat yang lebih cepat pudar, teriknya matahari juga bisa mempengaruhi pada karet wiper mobil dan juga karet-karet yang ada pada pintu mobil.

Efek buruk yang terjadi ketika mobil sering dijemur adalah warnanya akan menjadi buram, karet-karet pada pintu juga tidak akan maksimal dalam meredam bunyi, dan juga menjadikan wiper berbunyi berisik saat digunakan untuk mengusap kaca.

Dua bagian mobil yang paling cepat terkena imbas dari kondisi lingkungan yang panas adalah cat dan karet-karet pada mobil. Adanya suhu yang tinggi dari matahari menyebabkan cat dan karet-karet menjadi terpanggang. Sehingga memarkir mobil di lahan tertutup atau tempat yang teduh merupakan langkah utama yang perlu diambil untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut.

Solusi yang Bisa Diambil

Jika Anda kesulitan untuk mencari tempat parkir yang teduh, maka ada langkah-langkah yang dapat diterapkan untuk mengurangi dampak buruk dari panas matahari ini. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menegakkan wiper agar tidak bersentuhan dengan kaca mobil. Sedangkan untuk mengurangi penerobosan panas ke dalam kabin Anda bisa memasang kaca film pada kaca mobil untuk mengurangi radiasi.

Lalu Anda bisa melakukan pemolesan bodi mobil secara rutin. Jika Anda berniat memberikan lapisan pelindung cat pada mobil akan lebih baik lagi. Yang tidak boleh terlupakan adalah singkirkan barang-barang yang mudah meledak dari dalam kabin mobil.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *