Monday, 16/7/2018 | 8:57 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Efek Samping Mobil Dipacu Kencang Terus-terusan di Tol

3. Efek Samping Mobil Dipacu Kencang Terus-terusan di Tol

Otolibs.com – Pada umumnya setiap kendaraan, baik itu motor atau mobil memiliki batas kecepatan maksimal yang dimiliki. Biasanya ketika melaju di jalur bebas hambatan atau tol kendaraan dipacu dengan kecepatan yang tinggi. Namun, agar terhindar dari hal fatal yang tidak diinginkan, para pemudik yang melintas melalui jalur bebas hambatan atau tol perlu untuk memperhatikan batas kecepatan yang dimiliki kendaraan.

Efek Samping Mobil yang Dipacu Kencang

Efek Samping yang Ditimbulkan

Ketika mobil digunakan untuk melintasi jalan tol dengan kecepatan tinggi terus menerus dan menempuh jarak yang jauh maka akan mempengaruhi kinerja dari mesin yang dimiliki. Selain itu potensi kecelakaan yang terjadi juga lebih besar karena mobil bisa hilang kendali ketika dipacu dalam kecepatan tinggi secara terus-menerus.

Apabila kondisi setiap komponen yang dimiliki mesin mobil dalam keadaan yang bagus, maka melakukan akselerasi secara terus-menerus tidak akan menimbulkan masalah. Namun, transmisi dan oli mesin harus diganti lebih sering dari biasanya. Misalnya sebuah mobil digunakan dalam kecepatan yang tinggi dalam kurun waktu yang lama atau melebihi dua jam, maka penggantian oli harus dilakukan lebih cepat. Jika biasanya dilakukan setiap menempuh jarak 10 ribu kilometer jadi lima ribu kilometer.

Adapun alasan penggantian oli yang lebih cepat ini dikarenakan panas berlebih yang disebabkan pemacuan dalam kecepatan yang tinggi secara terus-menerus tadi akan membuat struktur oli berubah. Sebenarnya tidak hanya oli, cairan lainnya jika kepanasan kualitasnya akan berubah. Jika semakin panas kualitas yang dimiliki pelumas tidak akan kembali seperti semula.

Melakukan Perawatan yang Tepat

Jika Anda berniat untuk melakukan mudik melalui jalan tol dengan mengendarai mobil sampai batas kecepatan maksimal secara terus-terusan tidak akan bermasalah jika mengetahui cara perawatan yang tepat. Apabila pemakaian dengan kecepatan tinggi ini sering dilakukan dan melalui jalan yang memiliki kondisi berdebu dan udara kering sebaiknya lakukan pergantian oli atau pelumas lebih cepat dari biasanya.

Selain itu lakukan servis mobil secara rutin agar kondisi mobil tetap prima. Walaupun mobil tidak rusak, tidak ada salahnya untuk melakukan servis karena bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mobil. Servis ini berguna untuk memeriksa bagian mobil yang tidak terlihat langsung, seperti oli mesin, oli transmisi, minyak rem, dan lain-lain.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *