Wednesday, 18/7/2018 | 8:20 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Arti Lambang Trisula Maserati

Lambang Maserati

Otolibs.com – Pada awalnya Maserati adalah perusahaan dagang keluarga yang didirikan oleh tujuh orang dari marga Maserati. Usaha itu berkembang pesat hingga mencapai kesuksesan sebagai pabrikan mobil mewah ternama seperti sekarang ini. Ketujuh orang tersebut adalah Alfieri, Carlo, Bindo, Ernesto, Ettore dan Mario. Namun pada perjalanannya Mario mengundurkan diri.

Kini, Maserati menjadi salah satu produsen mobil mewah utama di Italia. Perusahaan yang sudah berumur lebih dari seabad ini sudah memproduksi jutaan mobil yang tersebar di seluruh dunia. Produk seperti Quattroporte, Ghibli, Grand Turismo, GranCabrio, Levante merupakan besutan perusahaan yang berkantor pusat di Bologna, Italia tersebut.

Sejarah Lambang Maserati

Sentuhan Tangan Mario Maserati

Sebagai seorang seniman, Mario Maserati merasa tidak cocok menjalankan bisnis otomotif bersama dengan keenam saudaranya. Dia pun akhirnya memilih mengundurkan diri dari bisnis keluarga tersebut. Sebagai gantinya, dia menawarkan untuk membuat logo perusahaan.

Lambang yang masih dipakai sampai sekarang oleh perusahaan yang mempunyai slogan “Excellence Through Passion” tersebut dibuat oleh Mario dengan banyak pertimbangan. Beberapa model sudah mampir ke kepalanya tetapi yang akhirnya dieksekusi adalah lambang dengan bentuk trisula dari patung di air mancur Neptunus.

Fontana de Nettuno

Air mancur yang terletak di Piazza Magiore tersebut diperindah dengan sebuah patung Neptunus yang sedang memegang trisula. Neptunus sendiri merupakan dewa air dan laut menurut mitologi Romawi. Trisula yang dipegang oleh Neptunus kemudian menjadi inspirasi bagi Mario untuk membuat lambang Maserati.

Pengambilan trisula sebagai lambang bukan tanpa alasan. Patung Neptunus yang sedang membawa senjata kebanggaannya tersebut merupakan simbol dari Kota Bologna yang merupakan tempat asal Maserati. Bologna sendiri juga merupakan tempat pertama pabrik Maserati didirikan sebelum kemudian dipindahkan tempatnya ke Modena.

Trisula juga merupakan senjata yang ampuh. Konon, menurut mitosnya, jika trisula tersebut ditancapkan ke bumi, maka bumi akan terbelah. Filosofi keampuhan trisula inilah yang diadaptasi Mario ke dalam karyanya. Percaya atau tidak, kini kedigdayaan Maserati juga sudah terbukti menancap ke seluruh penjuru dunia.

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *