Wednesday, 18/7/2018 | 4:36 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Bosch Siapkan Peta Untuk Mobil Autonomous

Bosch Siapkan Peta Untuk Mobil Autonomous

Otolibs.com – Seperti yang dikutip dari pernyataan Dr. Dirk Hoheisel, anggota dewan manajemen Bosch, pihak Bosch memang sedang mengembangkan Perta untuk mendukung mobil tanpa sopir yang sudah lebih dulu mereka rancangkan dan sedang dalam pengembangan.

Peta beresolusi tinggi tersebut diproduksi dengan menggandeng perusahaan asal Belanda, TomTom, yang bekerja sebagai penyedia peta serta informasi berlalulintas. Nantinya peta ini akan berfungsi untuk menunjukkan arah yang harus dilalui mobil otonom ini untuk sampai ke tempat tujuan.

Peta Tersebut Bernama Radar Road Signature

Menggunakan Sinyal

Susunan lokasi yang terdapat dalam radar road signature tersebut disusun menggunakan sinyal radar yang merupakan kumpulan miliaran titik refleksi individu. Informasi di dalamnya sangat kompleks, termasuk detail kecil semacam rambu lalu lintas dan penghalang jalan.

Nantinya mobil-mobil tanpa supir tersebut dapat menentukan tujuan mereka secara lebih akurat. Teknologi ini memungkinkan mobil-mobil tersebut untuk memilih jalur terbaik. Peta ini memang dibuat sedetail dan seakurat mungkin bahkan perbedaan tiap titiknya sangat minim, hanya beberapa cm saja.

Pembuatan radar road signature menjadi penanda bahwa mobil otonom milik pabrikan asal Jerman ini sudah mulai mengembangkan mobil konsep mereka. Menurut Hoheisel lagi, pembuatan peta digital ini juga merupakan penanda penting dalam usaha mencapai teknologi pengemudian otomatis.

Keunggulan Penggunaan Peta Digital

Berbeda dengan peta biasa, radar road signature tidak hanya mengandalkan data video biasa, namun dapat menangkap citra melalui radar yang bahkan bisa bekerja secara baik di malam hari untuk melokalisasi keberadaan mobil otonom tersebut. Keterbatasan jarak pandang sekarang bukan lagi menjadi masalah.

Walaupun data yang dikirimkan oleh peta digital ini hanya sebesar 5 kb setiap kilometer ke cloud, namun volume data yang dihasilkan oleh radar road signature juga dua kali lebih tinggi dari pada peta video. Sehingga data yang didapat juga lebih akurat.

Pengembangan peta digital ini akan berjalan paling lambat pada 2020 mendatang. Informasi yang diberikan oleh kendaraan otonom yang sudah meluncur ke pasaran akan menjadi tambahan data yang akan dimasukkan untuk kesempurnaan peta digital.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *