Wednesday, 18/7/2018 | 8:33 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Inilah Bahaya Sandaran Kepala Asal Setel

Inilah Bahaya Sandaran Kepala Asal Setel

Otolibs.com – Sandaran kepala atau headrest pada mobil merupakan hal yang memang sangat diperlukan dalam membuat kepala menjadi nyaman ketika Anda hendak tidur di mobil. Sandaran kepala pada mobil juga tentu saja bukan hanya sekedar untuk aksesoris melainkan  untuk membuat leher menjadi tidak pegal ketika sedang berkendara.

Fungsi Sandaran Kepala untuk Keselamatan

Lebih dari itu sandaran kepala juga bukan hanya sekedar aksesoris untuk membuat leher nyaman dan tidak pegal ketika berkendara akan tetapi termasuk komponen keselamatan ketika berkendara. Ketika mobil mengalami benturan yang bisa saja terjadi karena mobil bermasalah hal ini dapat mengurangi resiko cedera yang parah yang bisa saja mengenai leher atau kepala Anda.

Iwan Abdurahman selaku Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) juga kali ini sudah mengatakan dan mengungkapkan dengan tegas bahwa sandaran kepala memang berfungsi untuk membuat kepala dan leher menjadi nyaman. Selain itu berfungsi ketika mobil ditabrak dari belakang.

Dengan kondisi tersebut tentu saja kepala juga akan bereaksi ke belakang juga dan sandaran kepala ini mencegah terjadinya leher patah akibat tertabrak oleh mobil. Sehingga sandaran kepala ini tidak boleh asal setel begitu saja.

Sandaran kepala juga harus dipasang dengan pas pada bagian belakang kepala dengan jarak yang tentu saja tidak terlalu jauh. Artinya posisi kepala jangan terlalu maju ke depan dan bisa dikatakan kepala juga harus berada dalam posisi yang tegak.

Posisi yang Ideal untuk Sandaran Kepala

Iwan Abdurahman selaku Repair Service Manager Workshop ini juga melanjutkan bahwa penyetelan sandaran kepala juga tentu saja tidak boleh tinggi dan rendah. Atau bahkan jangan dilepas. Tentu saja hal ini akan memberikan efek negativ akan membuat leher berpotensi mengalami cedera yang lebih serius.

Posisi yang paling atas adalah sandaran kepala sebaiknya sejajar dengan ujung kepala dan jika komponen tersebut bisa mencapainya maka setidaknya ujung sandaran kepala sejajar dengan bagian tertinggi telinga. Jarak antara kepala dan sandaran kepala sebisa mungkin tidak lebih dari 4 inchi.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *