Wednesday, 18/7/2018 | 4:28 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Jok Motor Anti Panas, Inovasi Mutakhir Abad Ini

Jok Motor Anti Panas, Inovasi Mutakhir Abad Ini

Otolibs.com – Baru-baru ini sebuah universitas di Taiwan, menciptakan sebuah inovasi bagi kendaraan bermotor roda dua. Tim riset dari universitas Kao Yuan, memilih melakukan inovasi yang seringkali dianggap remeh padahal jika berhasil dampaknya bisa sangat bermanfaat bagi pengguna, salah satu ciptaan mereka yang terkini adalah jok motor anti panas.

Bagi pengguna kendaraan bermotor roda dua pasti sangat paham bagaimana tidak nyamannya jika berkendara di atas jok yang untuk berapa waktu terparkir di bawah terik matahari. Apa lagi jika harus menunggu sampai jok menjadi dingin tentu membutuhkan waktu dan ini sangat tidak efektif.

Penemuan Sederhana Namun Bermanfaat

Cara Kerja Jok Anti Panas

Lapisan jok anti panas yang dijual di pasaran terbukti belum efektif menangkal panas yang sampai ke jok. Malah penambahan lapisan tersebut membuat jok semakin tebal dan tak jarang menjadi tidak nyaman.

Perlakuan berbeda diciptakan tim riset universitas. Mereka tidak menciptakan aplikasi apapun untuk diterapkan di atas jok, melainkan melakukan modifikasi terhadap jok motor itu sendiri. Cara kerjanya pun sangat sederhana.

Jika Anda akan memarkir motor, tinggal angkat jok, kemudian putar posisi jok sehingga bagian atas menjadi berada di bawah. Sebaliknya, jika Anda sudah selesai dengan urusan Anda dan akan memakai motor , kembalikan posisi jok ke tempat semula kemudian motor siap digunakan.

Keunggulan Lain Jok Anti Panas

Selain fungsi utamanya untuk menghindari panas pada jok motor, penggunaan jok modifikasi ini memungkinkan bagasi menjadi lebih lega. Ketika jok diputar ke atas, maka otomatis tersedia ruang lebih pada ruang simpan di motor Anda yang bisa digunakan untuk menyimpan lebih banyak barang, seperti dua buah helm.

Jok anti panas ini memang tidak sepenuhnya menghindarkan jok dari panasnya sengatan matahari namun dapat menurunkan panasnya sampai 7 derajat celsius. Jika jok biasa memiliki suhu 40 derajat bahkan tidak jarang 50 derajat celcius saat cuaca sangat terik, maka jok anti panas ini hanya bersuhu 30 derajat celcius. Cukup nyaman untuk digunakan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *