Wednesday, 18/7/2018 | 8:15 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kelebihan Ban Konsep Tanpa Angin Besutan Michelin

Ban Konsep Tanpa Angin Michelin

Otolibs.com – Michelin merupakan pabrikan ban terbesar saat ini di dunia, bersama dengan Bridgestone. Pabrikan ban yang bermarkas di Auvergne, Perancis tersebut sudah lama membuktikan eksistensinya dalam menciptakan ban revolusioner untuk digunakan oleh banyak mobil-mobil di dunia.

Ban merupakan bagian dari mobil atau motor yang tidak terlalu mendapat perhatian, maka pengembangannya pun seringkali tidak terlalu diperhatikan. Walaupun demikian, Michelin memiliki pandangan yang berbeda dengan menelurkan ban konsep yang sangat futuristik dan bisa menginspirasi pabrikan ban lain mengekornya.

Menilik Konsep Ban Unik Michelin

Pengembangan Dari Tweel

Sebelumnya, Michelin sudah memperkenalkan ban konsep tanpa angin pada 2014 lalu, tetapi ban yang disebut dengan tweel tersebut bukan ditujukan untuk penggunaan pada produk otomotif, tetapi akan diaplikasikan sebagai roda mesin pemotong rumput.

Konsep ban tanpa angin ini terus dikembangkan oleh Michelin, dan pada Konferensi Movin’ On di Montreal, Kanada, pekan ini, Michelin menyatakan kesungguhannya dalam mempersiapkan ban konsep tanpa angin untuk mobil, walaupun masih terbatas pada mobil tanpa supir atau yang kerap disebut dengan mobil otonom.

Kelebihan

Seperti press release yang dilakukan oleh Cyrille Roget, produk visioner ini sudah melalui berbagai penelitian dan juga pengembangan sebelum akhirnya diproduksi. Salah satu yang menjadi kelebihan ban ini dibandingkan dengan ban konvensional adalah tidak perlu adanya pengisian angin maupun nitrogen ke dalamnya.

Michelin memang tidak main-main menciptakan inovasi. Desain ban tanpa angin ini pun sudah diproduksi dengan menggunakan printer 3 dimensi sehingga dapat lebih jelas terlihat detail ban yang berbentuk jaring laba-laba tersebut. Penggunaan konsep yang meniru sarang serangga tersebut membuat ban yang dibuat dari bahan bio-degradable ini bersifat all-terrain atau mampu digunakan dalam segala medan.

Pihak Michelin juga menambahkan bahwa bahan baku yang dipilih untuk membuat ban ini merupakan bahan yang dapat terbarukan, jadi aman digunakan. Ban konsep ini masih akan mendapatkan banyak penyesuaian dan pengembangan. Nantinya pengemudi dapat memilih jenis ban apa yang sesuai untuk medan yang akan dilalui dengan menekan pilihan yang ada di layar sentuh di dalam mobil.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *