Wednesday, 18/7/2018 | 4:17 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Menggandeng Rennault, Nissan Optimis Kalahkan VW-Toyota

Volkswagen

 

Otolibs.com – Nampaknya kejayaan Volkswagen dan Toyota sebagai pabrikan terbesar dunia sebentar lagi akan tergantikan. Kedua nama besar yang selalu berkejar-kejaran meraih posisi digdaya tersebut akan siap dikalahkan oleh aliansi Renault dan Nissan, seperti yang disampaikan oleh Ketua Aliansinya, Carlos Ghosn.

Apa lagi ditambah dengan bergabungnya Mitsubishi yang juga merupakan pabrikan besar serta bagus di bidang penjualan terutama kendaraan niaganya, aliansi ini optimis posisi tertinggi dapat dicapai pada pertengahan tahun ini.

Mengenal Aliansi Renault-Nissan

Kerja Sama

Dalam pembagian saham, Renault mengakusisi saham Nissan sebanyak 43.4%,  sedangkan Nissan menanamkan 15% saham di Renault. Dengan sistem kerja sama tersebut, aliansi ini berhasil mengokohkan diri sebagai grup terbesar ketiga di dunia pada tahun 2008 dengan total penjualan unit mencapai 6,9 juta unit.

Bentuk kerja sama mereka tidak hanya sebatas penggunaan beberapa mesin bersama, namun juga melakukan pengembangan teknologi emisi nol. Selain itu untuk menancapkan cakarnya di Eropa, Nissan menjual beberapa van Renault.

Selain itu penerapan merk bersama pada kendaraan penumpang juga digunakan oleh aliansi ini, terbukti dengan Nissan Platina yang merupakan cerminan dari Renault Clio. Standar sistem produksi yang dimiliki Renault juga mengambil dari Nissan produksi way. Hal ini terbukti efektif meningkatkan produktivitas Renault hingga 15 %.

Walaupun demikian, berkat penggabungan perusahaan tersebut sebanyak 21.000 pekerja mengalami kehilangan pekerjaan karena penutupan dua pabrik penggerak serta tiga pabrik perakitan.

Tiba Besar Raksasa Otomotif

Kepercayaan diri aliansi ini bisa dilihat dari hasil penjualan mobil sejak Januari. Sejak awal tahun, Renault-Nissan memang mampu bertengger di tiga besar. Mereka pun bertambah optimis karena sampai pertengahan tahun ini hasil penjualan mobil membuat mereka menempati posisi teratas.

Menurut lembaga riset otomotif tingkat dunia, JATO Dynamic, aliansi renault-Nissan dan juga Mitsubishi, mampu menjual produk mereka hingga tercatat sebanyak 3.022.357 unit. Posisi teratas masih dikuasai VW dengan capaian penjualan 3,3 juta unit. Sedangkan Toyota menduduki peringkat kedua dengan 3.062.349 unit.

Namun, untuk urusan mobil listrik nampaknya aliansi ini memiliki peluang lebih besar dengan capaian penjualan hingga 460 unit karena harga dan ragam penawaran yang lebih kompetitif.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *