Monday, 16/7/2018 | 8:56 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab Lampu Motor Gampang Putus

Penyebab Lampu Motor Gampang Putus

 

Otolibs.com – Lampu depan atau lampu utama merupakan peranti yang sangat penting dalam sepeda motor. Gunanya adalah sebagai penerangan pada malam hari ataupun pada siang hari. Biasanya yang sering terjadi masalah adalah ketika lampu utama tidak berfungsi dengan baik atau mati. Hal tersebut tentu saja tidak dapat memberikan penerangan yang jelas sehingga akan membahayakan bila digunakan ketika berkendara pada malam hari.

Kualitas Lampu Motor Tidak Menjamin Penyebab Lampu Gampang Putus

Eksan Saputra yang merupakan Mekanik bengkel Meydi D-Mons telah mengatakan bahwa lampu motor akan seringkali putus atau sering mati. Hal tersebut tidak hanya disebabkan oleh rendahnya kualitas bohlam lampu. Biasanya lampu baru pun bisa saja putus mau itu bohlam yang sangat bagus atau rendah kualitasnya.

Dia juga mengatakan bahwa lampu kerap kali putus karena disebabkan oleh regulator rectifier atau kiprok yang sudah lemah. Kiprok pada sepeda motor tentu saja memiliki kegunaan dan fungsi untuk dapat menahan dan dapat menstabilkan arus listrik yang biasanya datang dari spul, kemudian arus tersebut akan diteruskan ke aki.

Dengan kondisi seperti itu maka seringkali terjadi kasus yang lampu motornya cepat putus karena kiproknya memang lemah. Sehingga jika kiprok lemah maka penahan arus setrum juga tidak akan ketahanan.

Cara Mendeteksi Kerusakan Lampu Motor

Cara agar mendeteksi kiprok yang lemah atau mulai rusak adalah dengan melihat lampu utama motor meredup atau tidak. Selain itu bisa juga aki tidak mengecas. Hal yang paling mudah adalah penahan listriknya jugasudah korslet. Akan tetapi jika ingin lebih mudah lagi Anda dapat menggunakan voltmeter. Sehingga jika lampu motor cepat putus maka hal tersebut bukan hanya disebabkan oleh lampunya saja akan tetapi kiprok juga berpengaruh besar.

Selain dapat mematikan lampu motor, kiprok ini juga ternyata dapat membuat motor menjadi tidak bekerja dengan baik bahkan mati. Hal ini tentu saja akan membuat kiprok menjadi salah satu penyebab lampu bohlam pada motor menjadi cepat rusak dan tidak hanya lampunya saja yang menjadi faktor utama.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *