Monday, 16/7/2018 | 8:56 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tak Sesuai Standar, Sirkuit Catalunya Menuai Protes

sirkuit catalunya

Otolibs.com – Sirkuit Barcelona-Catalunya, Montmelo, Spanyol memang sudah dikenal sebagai sirkuit sulit oleh para pembalap. Walaupun sudah mengalami perubahan layout setelah terjadinya kecelakaan yang menewaskan pembalap Moto, Luis Salom tahun 2016 silam, namun tetap saja sirkuit Catalunya masih jauh dari kata aman.

Catalunya memperbaiki diri dengan membuat chicane anyar di sektor akhir. Namun para rider masih menganggapnya terlalu riskan dan tidak aman sehingga setelah melalui rapat komisi keselamatan, seluruhpembalap bersuara bulat untuk pindah ke chicane milik Formula.

Protes Empat Pembalap

Bradley Smith

Red Bull KTM Factory Racing memprotes sirkuit yang menurutnya dan para rider lain, sudah tidak sesuai dengan standar. Sirkuit Catalunya memang belum pernah melakukan pengaspalan ulang selama 12 tahun. Hal ini membuat keadaan aspal yang kasar, apalagi sirkuit Catalunya sudah banyak menggelar lomba dan ajang uji coba.

Bahkan Smith juga berharap bahwa balapan MotoGP tidak lagi kembali ke Catalunya jika permintaan peningkatan keamanan belum diperbaiki sesuai permintaan. Lambatnya respon pengelola sirkuit atas protes rider, penyelenggara bahkan juga Safety Commission membuat lebih banyak lagi kekecewaan yang timbul.

Alex Espargaro

Alex Espargarojuga menyatakan hal yang senada dengan Smith. Pembalap asal Italia tersebut menyampaikan bahwa walaupun baginya Catalunya merupakan salah satu sirkuit terbaik di dunia, namun Espargaro merasa terganggu dengan kondisi aspal yang bergelombang sehingga mempengaruhi kontrol terhadap motornya.

Loriz Baz

Loriz Bazmengatakan pendapatnya tentang chiccane baru yang membuatnya frustasi. Dia juga menyoroti risiko keselamatan yang harus diutamakan. Selain itu tata letak yang sulit juga mengganggunya selama balapan. Baz mengatakan bahwa ini adalah kondisi paling memalukan di sirkuit.

Cal Crutchlow

Cal Crutchlowpembalap LCR Honda asal Inggris, juga ikut bersuara. Setelah memprotes, mengeluh namun tidak mendapat respon yang baik, Crutchlow memilih untuk menghadapinya walaupun hal tersebut membuatnya tidak bisa menampilkan performa terbaiknya.

Semoga saja ada upaya yang lebih baik dari pengelola Sirkuit Catalunya menanggapi semua protes yang mengarah kepadanya. Jika terus seperti ini, bukan tidak mungkin bahwa sirkuit tersebut akan benar-benar ditinggalkan.

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *