Wednesday, 18/7/2018 | 8:31 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ternyata Kolong Motor Tidak Dicuci, Picu Banyak Masalah

Ternyata Kolong Motor Tidak Dicuci, Picu Banyak Masalah

 

Otolibs.com – Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa sebagian pemilik sepeda motor tentu saja lebih memilih mencuci kendaraannya di tempat cuci motor. Hal ini tentu saja sangat memudahkan tidak perlu ribet untuk mencuci sendiri karena alasan sibuk kerja. Akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda juga harus mencuci motor kesayangan oleh sendiri.

Mencuci Motor Tidak Boleh Sembarangan

Mencuci motor sendiri tentu saja tidak bisa sembarangan dan Eksan Saputra selaku mekanik bengkel Meydi D’Mons mengungkapkan bahwa ketika pencucian motor maka Anda juga wajib memperhatikan kolong motor.Hal ini dikarenakan air bercampur dengan kotoran yang akan membuat komponen timbul karat dan mudah aus sehingga tidak cepat dibersihkan.

Sehingga efeknya komponen dibawah kolong seperti leher knalpot akan cepat berkarat dan leher roda juga akan cepat aus. Jika sudah berkarat maka akan susah dibuka lagi dan akan membuat motor menjadi rusak. Jika karat dibiarkan begitu saja dan dibiarkan menempel baik pada leher knalpot ataupun dibiarkan pada pipa knalpot maka lama kelamaan akan menimbulkan keropos pada dinding knalpot motor tersebut. Jika sudah keropos maka akan timbul lubang pada dinding knalpot.

Hal ini juga akan terjadi kebocoran pada dinding knalpot. Sehingga hal ini mengakibatkan pembuangan menjadi tidak bagus dan akan membuat motor menjadi kurang baik dan tidak bertenaga. Leher roda juga tentunya bisa cepat aus dan kotoran dapat menggerus roda sehingga nantinya menjadi rusak fatal. Hal ini tentu saja harus dikontrol dengan baik sehingga dapat dibersihkan segera jika dalam keadaan kotor.

Kolong Motor Harus Selalu Dibersihkan

Dia juga mengatakan dan menyarankan bahwa ketika mencuci motor sebaiknya seluruh bagian tunggangan tidak boleh luput dari pembersihan agar tidak terjadi masalah dikemudian hari. Jika motornya manual maka harus memperhatikan rantai motor.

Rantai jika dibiarkan berkarat maka tarikannya akan berat. Rantai juga bisa kendor lama kelamaan dan bisa putus. Kebanyakan orang mencuci sendiri agar hanya bodynya saja yang bersih.

Padahal seharusnya memperhatikan kondisi kolong motornya juga agar tidak terjadi berbagai masalah yang nantinya malah membuat motor semakin rusak. Untuk itu lebih baik cuci sampai kolong motornya juga.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *