Wednesday, 18/7/2018 | 4:43 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Motor Listrik Honda Lahir Tahun Depan, Yamaha Kapan?

3. Motor Listrik Honda Lahir Tahun Depan, Yamaha Kapan

 

Otolibs.com – Banyak pabrikan kendaraan roda dua di Indonesia yang mulai mengumumkan rencana pemasaran sepeda motor listrik. Setelah Viar, Honda dan Garansindo akan memasarkan produk terbarunya mulai tahun depan. Terkait strategi di luar mesin pembakaran internal atau combustion engine, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum mengambil sikap.

Kelahiran dan Konsep Motor Listrik Honda

Kelahiran Motor Listrik Honda

Untuk saat ini Yamaha masih wait and see walaupun sesungguhnya di Jepang Yamaha telah memiliki teknologinya dan bukan merupakan hal yang baru.Yamaha sendiri memiliki dua konsep sepeda motor listrik, yakni PES2 dan PED2 yang pernah ambil bagian di Tokyo Motor Show 2015. Masing-masing konsepnya berjenis motor trail dan motor sport dengan performa setara dengan mesin 50 sampai 125 cc.

Sementara untuk Honda telah mencapai kesepakatan dengan Hitachi untuk mengadakan usaha patungan. Untuk produksi komponen inti sepeda motor listrik, Hitachi akan ditugasi yang tidak hanya ditujukan untuk Honda namun ke pabrikan lainnya. Untuk di Indonesia Astra berencana untuk memasarkan sepeda motor listrik pada tahun 2018.

Konsep Motor Listrik Honda

Tahun depan dipilih oleh Honda sebagai tahun yang tepat dalam memasarkan produk barunya akan motor listrik. Skuter listrik Honda EV-CUB yang telah ditampilkan dalam wujud konsep dua tahun yang lalu akan diproduksi mulai tahun depan. Rencana produksi tersebut merupakan bagian dari arah perusahaan ke kendaraan listrik. Karena sebelumnya telah diprediksi pada tahun 2030 sekitar dua pertiga perusahaan akan berubah menjadi plug-in dan hibrida.

Beberapa model baru yang akan keluar tersebut juga bukan hanya satu kendaraan tunggal yang dianggap sebagai rangkaian motor listrik dan hibrida. Namun, juga akan ada platform hibrida menggunakan motor listrik yang akan melengkapi mesin pembakaran empat silinder.

Adanya kolaborasi antara Honda dengan Mugen di Isle of Man juga memberikan sinyal positif tentang adanya sportbike performa tinggi dalam waktu dekat. Dalam produksi motor listrik ini Honda lebih fokus pada sasaran perkotaan agar tidak ada lagi masyarakat yang terlibat dalam kecelakaan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *