Wednesday, 18/7/2018 | 8:27 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ini Dia Perlengkapan Wajib untuk Mobil Jadul

7. Ini Dia Perlengkapan Wajib untuk Mobil Jadul

 

Otolibs.com – Beberapa orang mungkin sering menggunakan mobil zaman dulu atau jadul untuk berkendara. Hal ini karena mobil yang memiliki usia tua bukan berarti sudah tidak bisa untuk dikendarai. Di Indonesia sendiri, penggemar mobil dengan usia yang cukup lawas masih sering ditemui. Bahkan yang cukup terkenal adalah komunitas Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI). TKCI ini memiliki banyak anggota yang mobilnya menggunakan Kijang zaman dulu.

Perlengkapan dan Perawatan Mobil Jadul

Perlengkapan Wajib Mobil Jadul

Ternyata bagi para pecinta mobil jadul ada beberapa perlengkapan wajib yang harus dibawa ketika hendak melakukan perjalanan dengan mobil jadul tersebut. Perlengkapan tersebut antara lain adalah platina, koil, busi, v-belt, dan carburetor celaner.

Hal ini karena mobil yang memiliki usia yang tua sering mengalami batuk. Jalanan yang macet juga menjadikan Anda harus mengganti radiator seperti pada Kijang Kapsul agar tetap dingin dan suhu mesin tidak cepat meningkat.

Walaupun perlengkapan yang disebutkan di atas merupakan perlengkapan yang wajib dibawa oleh mobil Kijang yang tua, namun untuk mobil model lain yang tergolong tua juga perlu membawa perlengkapan tersebut.

Adapun permasalahan yang sering dialami oleh mobil jadul ialah overheat atau panas yang berlebih. Sehingga menyebabkan mobil menjadi mogok. Permasalahan mobil mogok ini biasanya disebabkan karena masalah pada pengapian atau karburator.

Perawatan Mobil Jadul

Namun, hal terpenting yang harus Anda lakukan dalam merawat mobil tua adalah dengan selalu rajin mengganti oli dan melakukan servis. Penggantian oli ini dinilai sangat penting karena untuk memberikan perlindungan bagi mesin kendaraan. Setiap menempuh perjalanan jarak 2.500 km usahakan untuk mengganti oli.

Kemudian Anda juga perlu untuk memeriksa kaki-kaki mobil secara berkala. Rata-rata mobil tua rentan memiliki masalah pada bagian kakinya. Biasanya ditandai dengan bunyi yang sangat mengganggu. Anda juga harus memperhatikan kabel-kabel mobil. Masalah lainnya yang sering timbul pada mobil tua adalah adanya gangguan pada sistem elektriknya. Kabel yang tidak dalam kondisi yang bagus dapat memicu terjadinya konsleting pada mesin.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *