Thursday, 19/7/2018 | 9:03 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ternyata Ukuran Mobil Pengaruhi Besarnya Spion

10. Ternyata Ukuran Mobil Pengaruhi Besarnya Spion

Otolibs.com – Biasanya setiap mobil memiliki area blind spot yang menjadikan pengemudi tidak bisa melihat keadaan di luar atau sekitar mobil. Sebenarnya semakin besar mobil ternyata kaca spion yang dibutuhkan juga semakin besar untuk melihat dengan jelas area di sekitar mobil.

Ukuran Mobil yang Pengaruhi Ukuran Kaca Spion

Area Blind Spot yang Harus Disadari

Secara umum area blind spot yang ada pada mobil terbagi menjadi lima secara umum. Agar tidak terjadi kecelakaan para pegemudi harus menyadari adanya area ini. Yang pertama adalah konstruksi dari mobil yang menentukan blind spot. Jika ukuran mobil semakin kecil maka blind spot yang dimiliki juga kecil. Sebaliknya, semakin besar mobil maka area blind spot yang dimiliki juga semakin besar.

Di mobil biasanya ada pilar A, B, dan C, sehingga untuk mobil kelas SUV atau Sport Utility Vehicle dan truk sering menambahkan kaca spion di depan kap mesinnya yang disebut dengan blind spot mirror.

Karena kap mesin yang besar dan tinggi maka adanya spion kecil di ujung penting untuk dipasang guna memantau blind spot jarak pandang ke arah depan. Biasanya spion ini diletakkan di sebelah kiri di depan kap mesin. Jika untuk kelas premium bahkan ada juga yang ditambahi dengan kamera.

Area Blind Spot Lainnya

Setelah bagian konstruksi, bagian blind spot pada mobil juga ada pada muatan yang dibawa. Jika sebuah mobil penumpang, muatan yang berlebih baik itu berupa barang ataupun orang bisa menyebabkan blind spot pada pengemudi. Terutama jika pengemudi ingin melihat ke bagian belakang namun tertutup oleh benda atau orang yang menjadikannya sebagai area blind spot. Tentu saja ini sangat berbahaya karena pengemudi tidak bisa dengan jelas melihat area belakang mobil.

Area blind spot yang selanjutnya adalah traffic lalu lintas. Misalnya di depan pengemudi ada truk atau mobil lain yang ukurannya lebih tinggi maka akan mengakibatkan blind spot karena jarak pandang ke depan yang terbatas.

Untuk yang berikutnya adalah lingkungan seperti jalan perempatan yang ada pohon, bukit-bukit, dan warung. Yang terakhir adalah cuaca, seperti kabut, hujan, dan debu yang menyebabkan blind spot.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *