Wednesday, 18/7/2018 | 8:33 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Benarkah Mobil Listrik Bisa Terbakar Jika Overcharging?

mobil listrik terbakar

Otolibs.com – Mobil listrik memang sedang menjadi bintang dewasa ini. Semua pabrikan berlomba menciptakan mobil listrik, bukan hanya karena tren tetapi juga menyikapi perlunya menciptakan mobil ramah lingkungan. Walau demikian belum banyak orang yang paham dengan mobil listrik, karena memang produksi yang masih terbatas serta distribusi yang belum luas.

Untuk itulah sosialisasi tentang mobil listrik, terutama tentang perawatannnya masih perlu untuk disebarluaskan karena tentunya perawatan mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional maupun mobil hybrid. Jika salah melakukan perawatan, salah-salah malah akan merusak mobil itu sendiri.

Mobil Listrik Terbakar, Benarkah Karena Kelamaan Di-charge?

Smart For Two Terbakar

Seperti yang dilansir dari Telegraph, sebuah mobil listrik terbakar di daerah Wickford, Essex pada Minggu (9/7/2017) kemarin. Pemadam kebakaran dikerahkan untuk menaklukkan si jago merah yang melahap habis mobil tersebut. Api juga merembet ke bangunan sekitar dan menyebabkan kerusakan.

Akhirnya sekitar jam 06.25 waktu setempat kebakaran berhasil dipadamkan. Menurut keterangan petugas pemadam, mobil nahas tersebut mengalami korsleting setelah dibiarkan dalam keadaan pengisian daya semalaman. Walau pun tidak memakan korban jiwa, namun kerusakan bangunan serta kondisi mobil yang hancur lebur merupakan kejadian yang disesalkan.

Mobil Listrik Dahlan Iskan

Kejadian ini juga mengingatkan kita pada kejadian empat tahun lalu ketika mobil listrik pesanan Dahlan Iskan, yang waktu itu menjabat sebagai menteri BUMN, terbakar sebelum sempat dipamerkan. Mobil yang mirip dengan alphard tersebut disimpan di sebuah bengkel di Yogya sebelum pameran.

Mobil yang dinamai Gendhis dengan warna merah putih tersebut memang sedianya belum akan dipamerkan dalam waktu dekat karena masih membutuhkan penyempurnaan. Sesaat setelah tiba di Yogya, bersama dengan tiga mobil lainnya yang sudah laik dipamerkan, Gendhis merah putih di-charge oleh salah satu petugas bengkel.

Keadaan baterai mobil Gendhis yang masih sangat penuh, ditambah lagi dengan mobil tersebut yang belum dipasangi alat otomatis seperti ketiga mobil lainnya diduga sebagai penyebab baterai mobil korslet dan menyebabkan kebakaran. Beruntung saat itu petugas dengan sigap mengeluarkan mobil dari bengkel sebelum api sempat menyambar mobil lainnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *