Monday, 16/7/2018 | 8:53 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Komponen Ini Wajib Ada di Bagasi Mobil Lawas

Komponen Ini Wajib Ada di Bagasi Mobil Lawas

Otolibs.com – Anda penggemar mobil tua? Atau mungkin Anda memiliki mobil tua di garasi rumah Anda? Memang, memiliki mobil tua menjadi kepuasan tersendiri bagi sebagian orang. Mobil-mobil lawas tersebut sering kali diikutsertakan dalam ajang pameran otomotif sebagai sebuah bukti eksistensi mereka.

Komponen Mobil Lawas yang Selalu Dibawa

Tapi bagi yang tidak terbiasa, berkendara dengan mobil tua tentu menjadi hal yang menakutkan lantaran banyak hal yang bisa saja terjadi saat berkendara. Padahal jika sudah mempersiapkan solusi akan segala kemungkinan yang akan terjadi, hal  tersebut bukanlah suatu masalah. Salah satu persiapan yang bisa dilakukan adalah dengan selalu membawa komponen yang dibutuhkan.

Hal ini diungkapkan langsung oleh mantan Ketua Umum Toyota Kijang Club Indonesia, Dimas Rangga. Menurutnya, sejumlah komponen yang harus dibawa, seperti platina, fan belt, delco dan juga karburator harus selalu ada di bagasi mobil lawas terutama saat perjalanan jauh.

“Kalau misalnya mobil lawas itu digunakan tiap hari, bawalah pembersih karburator. Hal ini karena, mobil tua pasti sering ‘batuk’. Kejadian ini mau tidak mau membuat kita harus selalu sedia pembersih karburator. Kondisi jalanan dulu sama sekarang kan berbeda, sekarang itu di mana-mana pasti macet,” jelas Dimas di Jakarta.

Di waktu yang berbeda, Ketua Toyota Kijang Clup Indonesia (TKCI), Novryanto Bagus Wicaksono pun mengatakan, merawat mobil lawas tak sesulit yang dibayangkan.“Merawat mobil tua seperti Kijang tahun 1981 ini tidak sudah sebenarnya. Tidak jauh beda juga sama yang lain, diservis per tiga bulan sekali saja,” ungkap Novry.

Perhatian Khusus pada Kondisinya

Dalam kesempatan tersebut dia pun mengungkapkan jika mobil lawas perlu diberi perhatian khusus pada system pengapiannya. Upaya ini sangat penting dilakukan supaya kendaraan tetap berada dalam kondisi prima dan tetap terjaga. “Kalau komponennya sejak awal sudah baik ya kedepannya pasti baik,” tutupnya.

Meski terlihat ribet di mata orang banyak, penggemar mobil tua tampaknya tak akan kapok meski nantinya mengalami berbagai kendala saat melakukan perjalanan bersama mobil lawasnya. Takheranjikamobillawastidakpernahkehabisanpenggemar.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *