Monday, 16/7/2018 | 8:42 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Menilik Motor Final Edition Ducati Terbaru

ducati-1299-panigale-r-final-edition-26

 

Otolibs.com – Baru-baru ini Ducati, salah satu pabrikan sepeda motor terkenal asal Italia, meluncurkan sebuah superbike final edition bertajuk Panigale 1299. Sesuai dengan namanya, motor ini memiliki ciri berbeda dari varian sebelumnya. Superbike ini cukup mendekati sepeda motor yang selama ini ada di gelaran road race namun memiliki izin legal untuk dikendarai di jalanan umum.

Motor yang akan menjadi keluaran pamungkas dari jenis motor sport Panigale ini resmi diluncurkan pada Sabut (8/7) lalu di California, Amerika Serikat, lebih tepatnya di Pebble Beach. Peresmian tersebut diawali dengan pembukaan penutup motor Ducati 1299 Panigale R Final Edition atau disingkat R-FE yang dilakukan oleh CEO Ducati, Claudio Domenicali dan didampingi perwakilan tim, Marco Melandri.

Era Baru Panigale

Perubahan Mendasar Superbike Panigale

Menurut Domenicali, Panigale yang baru mengkombinasikan sistem desmodromil dengan mesin V4 terbaru yang terkenal canggih dan menggigit. Ini merupakan terobosan baru sekaligus puncak perayaan kesuksesan Panigale. Juga sebagai bentuk penghargaan kepada L-Twin engine yang selama ini selalu mereka pakai.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, Ducati Panigale 1299 Final Edition didandani dengan “busana” berwarna triple, yaitu merah, putih dan hijau yang juga merupakan warna dari bendera negara Italia. Ini merupakan desain khusus bagi motor edisi puncak ini.

Untuk urusan harga, superbike ini kabarnya dibanderol dengan harga £34,995 atau sama dengan Rp 603 juta. Para pecinta Ducati nampaknya harus berlomba untuk mendapatkan motor ini karena hanya akan diproduksi dengan jumlah terbatas. Juli mendatang Panigale R-FE rencananya sudah akan mejeng di dealer-dealer lokal Italia.

Spesifikasi

Walau pun pada jantung pacunya Ducati 1290 R-FE masih menggunakan mesin lama, 1.285cc yang mampu mengeluarkan daya sebesar 209 Hp namun kemampuan torsinya naik menjadi 141 Nm dari yang semula 136,9 Nm. dari mesin 1.285 cc. Dengan daya sebesar itu nampaknya tidak akan susah bagi Panigale R-FE untuk menggeber bodinya yang seberat 190kg di jalanan.

Sepasang shockbreaker Ohlins dengan diameter 42mm dipasangkan pada suspensi depan superbike ini sedangkan untuk belakang menggunakan single shockbreaker Ohlins TTX36. Spare part premium lainnya ada pada sisi knalpot. Superbike ini menggunakan knalpot Akrapovic seperti yang ada pada Ducati Panigale R WSBK.

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *