Wednesday, 18/7/2018 | 8:26 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Merayakan Kebangkitan Schwalbe, Si Bebek Retro Nan Canggih

schwalbe_gelb

 

Otolibs.com – Sekitar tahun 1957-an Schwalbe merupakan motor yang diproduksi di Jerman Timur yang sempat menjadi idola. Namun sayangnya motor yang mirip dengan vespa ini sempat kehilangan kharismanya dan berhenti diproduksi. Untungnya sebuah perusahaan bernama Govecs tertarik untuk membangkitkan kembali motor ini.

Motor yang bercitarasa vintage ini pertama kali mulai dilirik dan dikenalkan ke khalayak luas di Cologne, Jerman tahun lalu pada sebuah ajang otomotif intermot. Tidak perlu menunggu lama, publik pun memberikan respon positif pada kembalinya motor berbentuk menyerupai bebek ini.

Kembalinya Sang Bebek Retro

Modernisasi

Untuk lebih membuat motor klasik ini menjadi lebih modern dan futuristik, maka Govecs bekerja sama dengan Bosch merancangkan komponen otomotif berteknologi listrik untuk tenaga penggeraknya. Dengan dua baterai masing-masing berkekuatan 2.4 kWh, motor ini dapat menempuh jarak hingga 125 km dengan kecepatan puncak 45 km/jam yang dapat dicapai dalam waktu lima detik saja.

Desain yang diusung oleh Schwalbe sebenarnya lebih menyerupai skutik. Jadi para rider penyuka desain retro pasti akan langsung jatuh cinta pada pandangan pertama dengan motor yang memiliki lampu depan dan belakang yang berbentuk bulat ini. Sentuhan modern ada pada panel LED di odometer yang sudah menggunakan LCD display Bosch 4.4 inci.

Mode Berkendara

Ada empat driving mode yang diusung oleh skutik retro namun modern ini. Yaitu Go, menggunakan mode ramah lingkungan namun mampu mencapai kecepatan maksimum, kemudian Cruise, yaitu merupakan “city mode” dengan akselerasi yang optimal, Boost adalah mode yang ditawarkan untuk kecepatan maksimum dan mode Crawl yang membantu pengendara untuk parkir.

Schwalbe bisa dipesan secara online di toko resmi atau di toko khusus yang ada di kawasan Berlin. Negara lain yang akan menyusul adalah Perancis, Austria dan Belanda. Para penggemar Schwalbe dapat memilih warna-warna cerah yang ditawarkan untuk dimiliki sepertikuning, putih, biru, hitam dan hijau. Untuk Indonesia sendiri nampaknya harus bersabar karena belum ada kabar resmi apakah skuter listrik retro ini akan dipasarkan di tanah air atau tidak.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *