Thursday, 19/7/2018 | 9:11 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Mesin Pendingin Mobil Bermasalah? Begini Cara Mengetahuinya

mesin pendingin mobil

Otolibs.com – Setiap komponen pada mobil harus selalu diperhatikan dan dirawat agar lebih tahan lama dan tidak cepat rusak, terlebih dengan komponen yang tidak terlihat langsung dengan mata kita saat sedang berkendara. Karena keberadaannya yang tersembunyi inilah maka kita sering lupa untuk memeriksanya dan berujung fatal.

Padahal bila kita cermat, maka tanda-tanda awal kerusakan bisa sangat nyata terlihat. Sama seperti tubuh yang mengeluarkan sinyal-sinyal tidak enak ketika ada yang salah terjadi di dalam badan, komponen mobil pun berlaku yang sama. Semakin cepat diatasi maka kerusakan semakin minim terjadi

Kenali Gejala Mesin Pendingin yang Mulai Rusak

Gejala Pertama

Gejala pertama dapat dilihat dari penanda dalam odometer yang terletak di dalam panel di dashboard mobil. Namun, jika kerusakan sudah merambah ke sistem, indikator ini pun sering salah mengirimkan sinyal kerusakan.

Indikasi Kedua

Selanjutnya adalah munculnya aroma tidak sedap yang memenuhi kabin. Hal ini biasanya muncul karena adanya kebocoran pada sistem pendingin. Cairan yang luber akan terbakar dan menimbulkan bau yang menyebar ke dalam kabin. Jika kebocoran tidak segera diatasi maka cairan yang terbakar ini akan memunculkan asap yang keluar dari kap mobil.

Penanda Selanjutnya

Penanda selanjutnya adalah AC mobil yang mulai tidak dingin bahkan lama kelamaan malah mengeluarkan hawa panas. Biasanya dalam mobil modern, apabila terjadi kerusakan pada sistem pendingin mobil, maka secara otomatis kerja AC mobil akan dihentikan oleh sistem komputer. Hal ini bertujuan agar mesin tidak bekerja terlalu berat dan suhu bisa lebih optimal terjaga.

Yang terakhiradalah mesin mobil yang berbunyi atau istilahnya ’’knocking’’. Ditandai dengan akselerasi mobil yang mulai menurun dan tidak optimal. Hal ini dikarenakan mobil mulai kepayahan mengatur suhu dan juga mempertahankan kemampuan mobil agar berimbang. Jika hal ini terjadi, maka ada baiknya Anda segera mengecek sistem pendingin Anda.

Untuk menghindari sistem pengingin mesin yang rusak, lakukanlah pemeriksaan mobil menyeluruh secara rutin. Apabila kerusakan terus dibiarkan maka akan membebani kerja mesin dan akan berimbas pada kerusakan komponen lainnya.

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *