Wednesday, 18/7/2018 | 8:17 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Yang Disarankan Dalam Mencuci Mesin Mobil

1. Cara Yang Disarankan Dalam Mencuci Mesin Mobil

Otolibs.com – Dalam membersihkan ruang mesin sebuah mobil tentunya harus berhati-hati dan hal tersebut merupakan hal yang tricky.

Membersihkan mobil juga membutuhkan kecermatan, jika penanganannya kurang tepat maka akan berakibat fatal dan pemilik harus menanggungnya. Hal inilah yang membuat banyak pemilik mobil tidak berani membersihkan mesin mobilnya sendiri.

Sedangkan pemilik mobil menginginkan kendaraannya bersih dan terlihat menarik. Oleh karena itu ada juga tempat pencucian mobil yang sudah profesional dalam membantu membersihkan mobil baik interior maupun eksterior.

Cara Dalam Mencuci Mesin Mobil

Ada cara yang dapat dijadikan panduan dalam mencuci mesin yang disarankan dan tiak akan mengakibatkan terjadinya masalah.

Dalam mesin mobil ada beberapa komponen yang tidak boleh terkena air dan jangan langsung mengguyur mobil dengan air sangat mesin dalam keadaan panas aytau tunggu beberapa menit setelah mesin mati

Cek tutup oli mesin dan tongkat pengecek oli dengan memastikan sudah terpasang dengan baik. Siram mobil dengan air yang memiliki tekanan tinggi, gunakan sabun khusus supaya tidak merusak mesin dan gunakan tongkat untuk menjangkau bagian yang sulit dijangkau.

Bilas lagi mesin yang sudah diusap dengan air tekanan sedikit tinggi untuk merontokkan kotoran dan keringkan menggunakan kain serat atau plas chamonis. Semprotkan juga soket kelistrikan dengan  udara bertekanan tinggi supaya tidak terjadi korsleting.

Bagian-bagian Mesin Yang Harus Ditutupi

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum mencuci mobil atau setelah mesin mobil mati beberapa saat. mulai dari menutup bagian distributor, busi, altenator, starter, dinamo, kabel busi, tempat sekering, engine control, ignition coil dan semua socket elektrikal menggunakan plastik yang diikat.

Selain itu perlu juga ada beberapa komponen yang harus dilepas, seperti tutup kepala silinder dan karburator radiator. Bersihkan juga mesin saat dilakukan overhaul mesin.

Untuk membersihkan mobil juga sebaiknya menggunakan engine degreaser untuk membersihkan mesin. Disarankan jika mobil sudah elektrical semua, disarankan untuk dilap saja. kita dapat menggunakan kanebo yang dibasahi kemudian keringkan lagi dan lap permukaan mesin.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *