Thursday, 19/7/2018 | 9:08 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Perawatan Sederhana Ban Tubeless Mobil Agar Awet

9 Cara Perawatan Sederhana Ban Tubeless Mobil Agar Awet

Otolibs.com – Kita tentu tahu bahwa ban merupakan salah satu komponen paling penting pada mobil. Ban memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kestabilan dari mobil anda sehingga mobil dapat dikemudikan dengan lebih nyaman. Dewasa ini, kebanyakan mobil keluaran baru menggunakan jenis ban tubeless sebagai ban standard.

Pemilihan ban tubeless ini bukan tanpa alasan. Selain ban yang lebih kuat, ban tubeless juga tergolong lebih awet. Namun, tentu saja, untuk menjaga kondisi ban tubeless mobil anda, maka anda perlu melakukan beberapa perawatan. Ada beberapa perawatan yang mudah yang bisa anda lakukan untuk menjaga kondisi ban tubeless anda seperti di bawah ini.

Perawatan Sederhana Ban Tubeless Mobil Agar Awet

Gunakan Tekanan Angin yang Tepat

Perlu diketahui bahwa setiap ban memiliki tekanan angin ideal sendiri-sendiri sesuai yang tercantum dalam bagian samping ban tersebut. Oleh karena itu, salah satu cara yang cukup mudah yang berdampak banyak pada kondisi ban tubeless adalah menggunakan tekanan angin yang tepat. Tekanan angin yang kuat akan membuat ban terbebani dan cepat rusak. Ban bisa saja terlepas dari velg karena masalah ini. Sedangkan ban yang terlalu keras juga akan meningkatkan resiko ban meletus.

Hindari Menghantam Lubang

Salah satu penyebab kerusakan pada ban tubeless mobil anda adalah ban yang tiba-tiba menghantam lubang. Kejadian ini dapat terjadi karena pengendara kurang berhati-hati saat mengemudikan mobil mereka. Kejadian ini dapat membuat ban kehilangan angin secara tiba-tiba dan velg rusak. Oleh karena itu, selalu berhati-hati saat mengendari mobil anda dan berusaha untuk melihat lubang yang mungkin ada di depan jalan.

Lakukan Pengecekan Berkala

Pengecekan berkala mutlak diperlukan untuk menjaga kondisi ban tubeless tetap baik. Dalam hal ini, dengan pengecekan yang anda lakukan, maka anda akan menjadi tahu bagaimana keadaan riil dari ban tubeless anda. Sebelum berpergian, luangkan waktu beberapa menit untuk melihat ban mobil anda. Selain itu, lakukan spooring dan balancing untuk menjaga putaran ban tetap stabil.

Dengan beberapa perawatan sebagaimana dijelaskan di atas, anda akan memiliki ban tubeless dengan umur penggunaan yang lebih lama. Semoga membantu.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *