Wednesday, 18/7/2018 | 4:29 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Toyota dan Mazda Ikuti Jejak Membuat Mobil Listrik

Toyota dan Mazda Ikuti Jejak Membuat Mobil Listrik

 

 

Otolibs.com – Nampaknya tren akan kendaraan berbasis teknologi listrik sudah tidak bisa dihindari lagi. Pasalnya mobil masa depan yang memenuhi standar lolos emisi gas buang hanya dapat terpenuhi dengan mobil listrik. Mobil ini juga akan menjadi mobil yang menjadi pilihan utama para pengguna mobil di masa datang.

Peluang mobil listrik yang kian besar ini juga ditanggapi serius oleh Toyota Motor. Dengan menggandeng Mazda dan Denso Corporation, sebuah produsen komponen, Toyota berencana akan mengembangkan mobil dengan teknologi listrik.

Gaet Mazda, Toyota Mantap Buat Kendaraan Listrik

Kolaborasi Dalam Perusahaan Baru

Keseriusan ketiga perusahaan tersebut terlihat dari didirikannya perusahaan baru yang akan mempekerjakan insinyur terpilih agar teknologi mutakhir ini bisa segera terealisasi dengan hasil yang memuaskan. Merger ketiga perusahaan tersebut juga menjadi sebuah pembuktian akan tuntutan terhadap mesin mobil yang lebih ramah lingkungan.

Kondisi kebijakan menyangkut polusi udara membuat produsen harus segera menjawab tantangan tersebut. Apalagi permintaan terhadap mobil dengan teknologi listrik semakin meningkat. Jika tidak segera membuat mobil semacam ini, bisa dipastikan Toyota dan Mazda akan ketinggalan sebab perusahaan lain bahkan sudah memproduksinya.

Pengembangan dari mobil listrik pun tidak hanya sebatas mobil penumpang tetapi juga truk ringan. Mobil city car maupun SUV tentunya sudah masuk ke dalam daftar inovasi perusahaan merber baru tersebut.

Perusahaan ini nampaknya akan sangat kuat jika dilihat dari kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan. Toyota dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), sedangkan Mazda dengan teknologi elektronik Denso, dan perencanaan produk serta kecakapan pengembangan berbasis pemodelan komputer.

Untuk urusan saham, tentu saja sebagian besar, yaitu 90% dipegang oleh Toyota. Sedangkan saham sisanya yaitu sebesar 10% terbagi rata antara Mazda dan Denso dengan masing-masing memiliki 5 % saham.

Pada siaran resmi, yang juga menandai kesepakatan bersama tersebut, yang diadakan pada Kamis, 28 September 2017 lalu, ketiga perusahaan tersebut menyiapkan dana awal untuk pengembangan mobil ini sebanyak 10 juta yen atau Rp 134 miliaran.

Tags: , ,
About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *