Wednesday, 18/7/2018 | 4:30 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Gejala-Gejala Transmisi Mobil Matik Bermasalah

4. Gejala-Gejala Transmisi Mobil Matik Bermasalah

Otolibs.com – Transmisi merupakan salah satu komponen mesin mobil yang sangat penting. Fungsi umum transmisi adalah mengalirkan tenaga mobil sehingga roda bisa berputar. Dengan demikian, transmisi sangat berpengaruh pada performa mesin. Jika transmisi rusak, maka performa mobil secara otomatis akan sangat terganggu.

Dewasa ini, kita melihat adanya mobil dengan transmisi matik. Transmisi jenis ini adalah sebuah inovasi yang unik yang menyediakan performa mobil lebih baik dan penggunaan yang lebih mudah. Namun, untuk perawatan yang lebih optimal, maka kita juga harus mengetahui gejala transmisi matik yang bermasalah untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Tanda Transmisi Mobil Matik Bermasalah

Telat Respon

Salah satu gejala yang sering muncul pada transmisi mobil matik yang bermasalah adalah transmisi mobil yang telat dalam melakukan respon. Hal ini terjadi ketika anda menginjak pedal transmisi namun kendaraan tidak melaju dengan normal. Masalah ini biasanya disebabkan oleh kinerja dari body valve yang sudah melemah. Jika masalah ini terjadi, maka anda harus segera melakukan penggantian.

Suara Mendengung dari Transmisi

Gejala lain yang menunjukkan bahwa transmisi mobil matik anda bermasalah adalah adanya suara mendengung yang berasal dari komponen transmisi tersebut. Dalam keadaan normal, transmisi matik tidak akan menimbulkan bunyi apapun saat dioperasikan. Namun, jika ada masalah, maka transmisi biasanya akan menimbulkan bunyi mengganggu. Suara tersebut biasanya berasal dari benturan antar komponen karena mekanisme pergerakan yang terganggu.

Bocor Cairan Transmisi

Transmisi memerlukan oli sebagai pelumas agar kinerjanya selalu baik dan optimal. Masalah lain yang sering terjadi berkaitan dengan transmisi adalah kebocoran transmisi. Kerusakan ini adalah salah satu kerusakan transmisi yang paling mudah untuk diidentifikasi. Kebocoran cairan ini akan membuat cairan merembes di permukaan transmisi. Jika kerusakan ini terjadi pada mobil anda, maka anda harus segera melakukan perbaikan karena kebocoran sedikit saja akan menyebabkan masalah yang cukup serius.

Beberapa masalah di atas adalah sebagian masalah yang terjadi pada transmisi mobil matik. Lakukan perawatan berkala dan teratur untuk menghindari kerusakan yang terlampau parah pada mobil matik kesayangan anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *