Wednesday, 18/7/2018 | 4:34 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Begini Perbedaan Hatchback dan City Car

Begini Perbedaan Hatchback dan City Car

Otolibs.com – Di pasaran otomotif sekarang ini sedang marak mobil dengan jenis hatchback. Bagi yang belum begitu paham dengan jenis-jenis kendaraan roda empat ini, pasti sering kesulitan membedakannya dengan city car. Memang jika dilihat sepintas, bentuk keduanya hampir mirip. Keduanya juga merupakan mobil kecil di bawah MPV. Jadi ada yang bisa membedakan keduanya?

Perbedaan Hatchback Dan City Car

Dimensi

Dikutip dari pernyataan Akbar Juniarto selaku Styling Design Section C&A Planning and Design Department Product Planning and Development Division Toyota Astra Motor (TAM), kebanyakan orang Indonesia memang kesulitan membedakan antara kedua jenis kendaraan tersebut. Hal yang mendasari kebingungan tersebut mungkin karena ada banyak merk dan model mobil yang beredar saat ini.

Namun, yang paling jelas untuk bisa memisahkan kedua kategori tersebut adalah saat melihat dimensinya. Hatchback dibuat lebih kompak dan besar dibandingkan dengan city car. Maka dari itulah, walaupun sama-sama ditujukan untuk mengangkut empat hingga lima penumpang, namun kabin hatchback terasa lebih luas. Hal itu disebabkan city car memang dibuat untuk tujuan jalanan perkotaan yang padat.

Imbas dari dimensi yang lebih besar dan kabin yang lebih luas tentunya juga bisa dirasakan pada bagian ekterior. Desain hatchback yang merupakan pengembangan dari sedan menjadikannya tampak lebih kokoh.

Kapasitas Mesin

Hatchback yang biasanya mengandalkan power dalam mesinnya tentu membutuhkan cc yang lebih besar. Hal itu juga untuk mendukung kecepatan mobil karena dimensinya yang besar. Berbeda dengan city car yang membutuhkan cc lebih kecil karena memang tidak ditujukan untuk memiliki power dan kecepatan yang tinggi sebab difungsikan untuk berkendara di jalanan perkotaan.

Kapasitas mesin harchback tersedia mulai dari kapasitas 1.4 L dan ada pula yang memakai 1.5 L. Untuk kapasitas mesin city car biasanya ada di bawahnya. Selain kapasitas mesin, perbedaan antara city car dan hatchback adalah segmen pasar yang dibidik masing-masing kategori.

Hatchback lebih populer di wilayah Eropa dibandingkan dengan mobil perkotaan. Berbeda dengan wilayah Jepang yang malah cenderung lebih menyukai keberadaan city car.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *