Thursday, 19/4/2018 | 1:33 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

BMW Enggan Bawa Hybrid Ke Indonesia Karena Regulasi

BMW Enggan Bawa Hybrid Ke Indonesia Karena Regulasi

Otolibs.com – Keberadaan mobil hybrid sekarang ini nampaknya semakin diterima di tengah masyarakat. Bukan hanya di pasar dunia, tetapi pasar otomotif Indonesia pun merespon keberadaan mobil hybrid dengan antusiasme yang tinggi. Terbukti dengan adanya beberapa pabrikan yang memperkenalkan mobil hybrid mereka di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Bahkan sejak GIIAS 2016 yang lalu, pabrikan mobil mewah BMW sudah memperkenalkan salah satu hybrid unggulannya yaitu SUV BMW X5. Namun sayangnya hingga kini belum ada kepastian kapan pihak BMW akan menjual mobil hybridnya di tanah air.

BMW Masih Pertimbangkan Bawa SUV Hybrid Ke Indonesia

Tahapan Panjang

Seperti tanggapan dari Jodie O’Tania yang bertindak selaku Head of Corporate Communications BMW Group Indonesia, pemasaran mobil hybrid masih butuh tahapan panjang sebelum bisa dijual di Indonesia. Selain belum ada undang-undang yang berhubungan dengan pajak dan keuntungan bagi konsumen, hal lain yang harus diperhatikan adalah aftersales dan juga teknisi.

Kebutuhan konsumen di tanah air juga merupakan tahapan yang menjadi pertimbangan, sebab perbedaan harga antara mobil hybrid dan konvensional jelas berbeda. Pasar X5 sendiri terbilang sangat kecil sehingga membutuhkan regulasi yang jelas. Pangsa pasar X5 memang lebih kecil dari i8 yang lebih dulu dijual di tanah air.

Pasar i8 sudah jelas dan sangat niche yaitu mereka yang menginginkan mobil sport yang sebelumnya belum pernah ada. Sebagai mobil sport yang ramah lingkungan, i8 menjadi incaran banyak penggemar BMW. Sebenarnya X5 pun sudah ada yang buatan lokal, sehingga harga bisa menyesuaikan, namun karena belum ada regulasi yang jelas maka pihak BMW belum berani memasarkannya.

Kapasitas Mesin

Dibekali dengan mesin empat silinder dengan kapasitas 2.0 liter, BMW X5xDrive40e ini dipastikan akan melenggang dengan kekuatan yang tidak diragukan lagi, apalagi mesin ini juga sudah dipersenjatai dengan paduan motor listrik eDrive.

Akselerasi mobil SUV hybrid buatan BMW ini pun cukup cepat. Hanya dibutuhkan waktu sekita 6.8 detik untuk mencapai kecepatan 100km/jam mulai dari 0 km. Sedangkan maksimum kecepatannya adalah  210 kilometer/jam.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *