Tuesday, 17/7/2018 | 9:20 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Mudah Atasi Rem Tangan dan Kampas yang Berubah Posisi pada Mobil

Cara Mudah Atasi Rem Tangan dan Kampas yang Berubah Posisi pada Mobil

 

 

Otolibs.com – Tahukah Anda bahwa rem tangan atau handbrake digunakan dalam menjaga posisi mobil yang tidak bergerak ketika parkir atau berhenti lama. Akan tetapi banyak kasus yang tidak disadari bahwa posisi rem tengan dapat berubah sehingga banyak sekali fungsi mengunci posisi mobil sehingga tidak maksimal.

Bahayanya Rem Tangan dan Kampas Jika Dibiarkan

Tentu saja akan sangat berbahaya jika dalam keadaan antrian di jalan yang sangat menanjak ataupun menurun. Dalam mengantisipasi hal tersebut tentu saja ada baiknya Anda mengetahui kondisi rem tangan agar tetap maksimal ketika digunakan.

Salah satu Executive Coordinator Technical Service Division ADM, Anjar Rosadi mengatakan bahwa sangat mudah untuk mengenali kondisi rem tangan bahkan tanpa harus membongkarnya terlebih dahulu.

Solusi dalam Mengatasi Rem Tangan dan Kampas

Cara yang paling mudah dan gampang dalam membedakan tarikan tuas adalah dengan menyetting dari pabrikan itu mulai dari lima sampai tujuh klik. Nah jika sudah lebih dari itu atau tarikannya semakin tinggi maka dapat dicek secara langsung untuk dapat memastikan kondisi rem apakah masih baik-baik saja atau sudah harus diservice.

Anjar Rosadi juga mengatakan bahwa selain kampas rem yang sudah menipis tentu biasanya yang dapat membuat tarikan rem tangan berubah adalah karena kondisi remnya yang sangat kotor. Dalam kondisi tersebut juga tentunya jalur otomatis kabel atau sling rem juga akan ikut tersumbat.

Perawatan Rutin Merupakan Cara yang Tepat

Jika sudah tersumbat seperti itu maka Anda akan merasakan kesusahan ketika mau menurunkan tuas. Selain itu memang sangat jarang yang memperhatikan. Akan tetapi ada baiknya jika Anda sudah mengalami gejala tersebut maka langsung melakukan perawatan. Pada umumnya hal tersebut akan dicek dan dilakukan pembersihan sampai dengan menyetel ulang kembali jika memang kondisi kampas masih normal.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Tentu saja hal itu jauh lebih baik jika Anda hanya mengabaikan permasalahan kecil. Rem tangan dan kampas yang sudah berubah tentunya harus dilakukan perawatan agar kondisi mobil Anda tetap lancar dan tidak menimbulkan  permasalahan yang besar.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *