Tuesday, 17/7/2018 | 9:17 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Mobil Ini Cocok Untuk Anda Yang Mabuk Darat

Mobil ini cocok untuk anda yang mabuk darat

 

 

Otolibs.com – Anda yang kerap mudah mabuk darat, tentu akan merasa tersiksa apabila harus menempuh perjalanan jauh dengan mengendarai mobil. Umumnya, rasa mual dapat diakibatkan oleh gerak ayun yang mungkin berlebihan. Gerak ini merupakan kombinasi dari adanya suspensi yang terlalu empuk serta gaya berkendara pengemudi yang mungkin kurang halus.

Nah, Mazda rupanya telah memiliki solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Mereka berhasil membuat sebuah fitur yang dapat mengurangi gerak ayun saat mobil Anda bergerak. Awalnya, fitur ini telah didesain bukan untuk mengurangi mabuk darat, melainkan dapat memberikan pengendalian yang presisi dan kenyamanan secara maksimal.

Fitur yang diberi nama dengan sebutan G-Vectoring Control atau GVC ini cara kerjanya cukup sederhana. Saat pengemudi akan menggerakkan setir, maka komputer secara otomatis akan mengurangi torsi pada mesin dengan cara mengubah waktu pengapian.

Akibat berkurangnya torsi, maka otomatis titik gravitasi mobil akan berpindah pada roda depan.Besar gaya gravitasi ke depan yang akan dihasilkan tentu bervariasi, yakni mulai dari 0,1 hingga 0,5 G. Meski sangat kecil, namun hal itu cukup untuk mengurangi adanya gaya gerak horizontal yang akan dihasilkan ketika mobil akan berbelok.

Akibat titk gravitasi lebih pada roda depan, maka pengendalian pun akan jauh lebih baik. Para pengemudi tidak perlu melakukan banyak koreksi pada setir. Sekarang ini, fitur GVC baru tersedia di beberapa model Mazda, yakni Mazda6, Mazda3 serta Mazda2.

Intinya, GVC adalah sebuah sistem yang berkoordinasi demi membuat mobil tetap dalam kendali yang jauh lebi baik serta aman saat menikung dan melakukan manuver lainnya. Mungkin pada merek lain disebut dengan stability system

Cara kerja pada saat akan masuk tikungan, sistem ini akan mengandalkan  komputer yang membaca perubahan kontrol setir, mengurangi torsi, hingga memindahkan bobot mobil sebagian pada roda depan pada bagian luar. Saat keluar tikungan, maka torsi kembali normal dan bobot pun akandibagi ke roda pada bagian belakang.

Efeknya tidak hanya dirasakan oleh pengemudi, namun juga akan dirasakan penumpang. Ini di rasakan secara langsung saat akan menikung dalam kecepatan tinggi, GVC mampu mengurangi efek tekanan gravitasi yang membuat leher dan badan akan bergerak berlawanan dengan arah yang menikung. Semoga bermanfaat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *