Friday, 20/7/2018 | 6:43 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Pentingkah Mobil Dicuci Setelah Kena Hujan?

Pentingkah Mobil Dicuci Setelah Kena Hujan

Otolibs.com – Hujan seringkali datang dan menuai kendala jika deras serta mengakibatkan banjir di jalan raya. Anda akan sering kerepotan untuk membersihkan kendaraan agar dapat tampil bersih setiap harinya. Akan tetapi apakah benar jika habis terkena hujan harus mencuci mobil?

Alasan Mobil Harus Dicuci Jika Terkena Hujan

Banyak sekali pertanyaan seperti itu, sehingga perlu jawaban yang akurat. Masalahnya waktu dan tenaga untuk itu kebanyakan orang sangat sibuk dengan berbagai aktivitasnya sehingga untuk mencuci mobil pun tidak ada waktu sama sekali. Apalagi untuk para pekerja yang setiap  harinya melakukan komuter kota PP rumah-kantor.

Berdasarkan penjelasan Ardiansyah pengelola 3M car wash and detailing di Radin Inten Jakarta Timur tentu saja mobil tidak seharusnya dicuci setiap kena hujan akan tetapi paling tidak ada langkah-langkah yang ringan agar zat asam air hujan tidak terlanjur kering dan merusak cat mobil.

Dampak Air Hujan Pada Mobil

Ardiansyah juga mengatakan bahwa kotoran dan debu yang bercampur dengan air hujan jika dibiarkan begitu saja akan  menimbulkan kerak dan akan memudarkan warna cat. Itulah kenapa banyak orang yang beranggapan bahwa setelah mobil kena hujan harus langsung dicuci.

Ditambah lagi jika dekat dengan perairan laut yang airnya memiliki kandungan garam yang cukup besar, ditambah dengan polutan, karat akan sangat mudah menyerang dalam jangka waktu yang sama lama. Artinya hal ini wajib jika dicuci jika mobil terkena hujan. Akan tetapi ada siasatnya.

Langkah Mencuci Mobil yang Efesien

Jika nyuci setiap hari akan membuat Anda cape maka lebih baik dibawa ketukang cuci setiap harinya. Caranya gampang yakni bilas saja dengan air biasa lalu semprot dengan tekanan yang lebih untuk dapat merontokkan kotoran.

Setelah itu biarkan hingga kering lalu segera lap dengan kain mikrofiber atau lap lembut karena ketika basah kondisi cat biasanya akan lebih lunak dan sangat mudah tergores. Soal mencuci mobil dengan sabun tentu saja dapat dilakukan dengan tiga hari sekali atau seminggu sekali. Karena bagaimana pun juga mencuci tanpa sabun atau sampo tidak bisa membersihkan kotoran dengan sempurna.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *