Friday, 20/4/2018 | 9:03 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Model Pelek Jari-jari Masih Banyak Dicari

Model Pelek Jari-jari Masih Banyak Dicari

 

 

Otolibs.com – Pelek Jari-jari atau pelek ruji merupakan pelek yang biasa digunakan pabrikan motor untuk motor yang masih mengusung mesin 110 cc dan 125 cc atau motor pada tahun 2009an. Pelek jenis ini memiliki bagian utama agar bisa digunakan, diantaranya yaitu pelek, ruji / jari-jari, dan tromol. Daya tahan dari pelek jari-jari cukup kuat untuk menerjang jalan yang tidak rata atau banyak lubang.

Oleh sebab itu model pelek ruji / jari-jari masih banyak dicari dan diminati oleh pengguna motor dengan mesin 110 cc dan 125 cc atau motor tahun 2009an. Selain pengguna dari motor tersebut, jenis pelek ini masih sering digunakan untuk balapan off road, road race, dan motorcross. Hal tersebut disebabkan karena pelek jenis jari-jari memiliki kekuatan yang lebih tinggi.

Jika pelek jenis ruji digunakan untuk melewati medan yang lumpur dan bebatuan maka pelek ruji sangat dibutuhkan karena pelek tersebut memang kokoh dan kuat. Meskipun terkena benturan keras akibat jalan berlubang, pelek jari-jari ini tidak akan patah. Kemungkinan yang terjadi setelah pelek mengalami benturan yaitu pelek akan bengkok saja.

Model Pelek Jari-jari Masih Banyak Dicari

Kelebihan Pelek Jari-jari

Kelebihan dari pelek jari-jari atau pelek ruji yaitu lebih ringan saat digunakan untuk berkendara, lebih kuat untuk mengahadapi jalan dengan medan lumpur ataupun jalan bebatuan hingga jalan yang berlubang. Saat ingin membeli pelek jenis ruji, maka bisa dibeli dengan eceran. Misalnya hanya membeli peleknya saja atau tromolnya saja.

Harga yang ditawarkan untuk pelek model jari-jari yaitu cukup terjangkau atau bisa dikatakan murah. Jika terjadi kerusakan pada ruji seperti mengalami bengkok akibat benturan yang keras, maka bisa disetel ulang.

Kekurangan Pelek Jari

Kekurangan dari pelek jari diantaranya adalah kestabilan dari pelek kurang maksimal, tampilan dari pelk kurang sporty, boros bearing. Jika menggunakan pelek jenis ruji maka rawan terjadi karatan karena jika pelek tidak benar-benar bersih maka akan mudah berkarat sehingga perawatan untuk pelek jenis ini harus benar-benar diperhatikan.

Kekurangan dari pelek jari-jari atau pelek ruji yang lain yaitu susah jika melakukan pembersihan atau melakukan pencucian pada pelek jenis ini. Hal tersebut disebabkan karena pelek jenis jari-jari memiliki ruji yang banyak sehingga membutuhkan kesabaran untuk mencucinya hingga benar-benar bersih.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *