Friday, 20/7/2018 | 6:41 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Gejala Kerusakan Pada Power Steering Yang Wajib Diketahui

10 Gejala Kerusakan Pada Power Steering Yang Wajib Diketahui

Otolibs.com – Salah satu fitur yang sangat penting pada mobil dewasa ini adalah power steering. Power steering yang disematkan pada kemudi mobil ini akan memberikan kenyamanan berkendara dimana anda bisa mengemudikan mobil dengan lebih mudah dan ringan. Kini, teknologi power steering semakin maksimal dengan beberapa perubahan detail pada teknologi yang dugunakan.

Namun, hal yang cukup penting untuk diperhatikan terkait fitur power steering adalah perawatan yang harus dilakukan. Komponen ini menjadi salah satu hal yang harus senantiasa diperhatikan karena akan sangat berpengaruh pada performa kendaraan anda. Oleh karena itu, ketika muncul gejala-gejala kerusakan pada power steering, maka anda harus segera memperbaikinya. Berikut kita akan membahas beberapa gejala kerusakan power steering yang harus anda mengerti untuk mendapatkan kenyamanan berkendara yang maksimal.

Gejala Kerusakan pada Power Steering

Muncul Suara Aneh

Salah satu gejala yang kerap muncul yang merupakan tanda pada kerusakan di dalam power steering adalah munculnya suara aneh. Suara aneh ini muncul ketika anda memutar kemudi. Suara yang tidak nyaman terkadang juga menghambat putaran kemudi. Gejala ini biasanya disebabkan oleh cairan pelumas pada power steering yang terkuras habis. Jika hal ini dibiarkan, maka akan timbul kerusakan yang cukup fatal.

Perputaran Kemudi yang Lambat

Fungsi utama power steering adalah untuk memudahkan kemudi yang anda miliki. Nah, salah satu gejala yang timbul yang dapat diartikan sebagai tanda kerusakan pada power steering adalah putaran kemudi yang lambat. Gejala ini biasanya akan menyebabkan kemudi tidak bisa berputar dengan baik dan roda tidak bisa dibelokkan dengan maksimal. Gejala ini biasanya muncul karena adanya bagian ball joint yang rusak. Tentu, kerusakan ini harus segera dibenahi agar tidak terjadi masalah yang semakin fatal.

Kemudi Terasa Berat

Gejala kerusakan power steering lainnya adalah kemudi yang terasa berat. Masalah ini biasanya muncul karena belt atau sabuk dari power steering tersebut kendur. Ketika belt pada power steering kendur, maka putaran power steering tidak akan maksimal dan fungsi kemudi juga akan bermasalah. Solusi dari masalah ini adalah penggantian karena biasanya belt memiliki usia pemakaian dalam hitungan kilometer.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *