Friday, 20/7/2018 | 6:43 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Motoroid, Motor Pintar Anti Jatuh Milik Yamaha

Motoroid, Motor Pintar Anti Jatuh Milik Yamaha

 

 

Otolibs.com – Tidak hanya memamerkan mobil konsep miliknya pada gelaran Tokyo Motor Show 2017, Yamaha juga memberikan kejutan dan memamerkan kendaraan roda dua yang dinamai Motoroid. Motor pintar ini dipersenjatai dengan AI atau Artificial Intelegent yang merupakan kecerdasan buatan hasil penelitian dan pengembangan teranyar dari Yamaha.

Inovasi ini dilakukan oleh pabrikan Jepang tersebut memang untuk menciptakan hubungan yang erat antara motor dengan pemiliknya. Motor masa depan ini digadang-gadang akan menjadi pesaing tangguh dari Honda Riding Assist-E.

Motor Pintar Yamaha

Ramah Lingkungan

Sama seperti semua kendaraan teranyar, Motoroid juga sudah mengusung konsep ramah lingkungan. Motor ini sudah tidak menggunakan bahan bakar minyak untuk sumber tenaganya melainkan sudah memakai tenaga listrik sepenuhnya. Energi ini disimpan dalam baterai ion lithium yang tidak menyatu dari bagian belakang.

Menariknya, motor canggih ini dapat mendeteksi wajah serta suara dari sang empunya sehingga dapat menjalankan instruksi darinya. Di sinilah peran dari AI yang memang dirancang untuk kebutuhan semacam ini. Motor ini juga memamerkan kecanggihannya karena tidak perlu penopang untuk tetap bisa berdiri tegak tanpa terjatuh, bahkan jika pengendaranya sudah turun dari motor.

Pesaing Honda Riding Assist-E

Di pasaran yang sama, Honda lebih dulu mengeluarkan motor pintar daripada Yamaha. Motor yang juga mengusung kecerdasan buatan ini juga mampu menyeimbangkan dirinya. Selain itu, fitur pengenal suara juga memungkinkan motor ini bergerak sesuai dengan perintah dari penggunanya.

Sama seperti Honda, Motoroid Yamaha juga mampu melipat standar samping, berjalan maju dan mundur, berdiri tegak hanya dengan mendengarkan suara dari pemiliknya. Tampilan dari kedua motor ini pun sangat futuristik.

Dengan adanya dua motor canggih ini, dan tidak menutup kemungkinan juga kendaraan canggih lainnya, persaingan di dunia otomotif menjadi semakin semarak. Penggunaan teknologi terkini ini juga dapat mempermudah kehidupan para penggunanya.

Namun, jika dilihat kondisi yang ada sekarang ini, maka perwujudan dari motor konsep ini masih harus menunggu beberapa tahun ke depan agar bisa lebih baik dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *